Menanti hasil rapat The Fed, bursa Jepang menguat



TOKYO. Bursa saham Jepang menguat dan indeks Topix memperbaiki posisi setelah tekor bulan ini. Melemahnya yen membuat kinerja saham Jepang bergairah, terutama bagi emiten yang berbasis ekspor.

Indeks Topix naik 0,8% menjadi 1.202,48 pada pukul 10:10 waktu Tokyo, Rabu (30/10). Sedangkan indeks Nikkei 225 naik 0,9% menjadi 14.460,61. Kenaikan indeks acuan Jepang ini terjadi sebelum bank sentral AS alias The Federal Reserve membuat kesimpulan soal kebijakan moneter hari ini.

Penguatan bursa Jepang pagi ini tak lepas dari turunnya nilai tukar mata uang Yen, yang terperosok 0,5% terhadap dolar AS pada Selasa (29/10). Hari ini, yen diperdagangkan di posisi 98,18 per dolar AS.


Saham yang mengalami kenaikan adalah, Toyota Motor Corp naik 1%, SoftBank Corp naik 1,8%, Japan Tobacco Inc naik 3,2%. Sementara itu, saham yang turun adalah, Advantest Corp jatuh yang turun paling dalam di indeks Nikkei 225 Stock Average.

"Sejauh ini, sebagian besar pendapatan perusahaan-perusahaan Jepang menguntungkan dan itu membuat kami percaya diri," jelas Hiroichi Nishi, manajer ekuitas Nikko SMBC Securities Inc kepada Bloomberg di Tokyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri