Mendag AS bertemu Jokowi, pemerintah optimistis pembahasan GSP rampung Desember



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah optimistis peninjauan Generalized System of Preferences (GSP) oleh Amerika Serikat (AS) selesai Desember 2019.  GSP adalah kebijakan untuk meringankan bea masuk impor barang-barang tertentu dari negara berkembang, termasuk Indonesia ke AS. 

Hal itu diungkapkan setelah Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Indonesia akan mengirimkan tim negosiasi ke AS awal Desember mendatang.  

Baca Juga: Menteri Perdagangan AS bertandang ke kantor Menko Airlangga, ini yang dibahas 

"Kita bicara juga mengenai masalah fasilitasi GSP, mungkin awal Desember kita akan mengirim tim negosiasi untuk menyelesaikan," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi, Rabu (6/11). 

Kedua negara optimistis dapat menyelesaikan peninjauan fasilitas GSP dengan saling menguntungkan. Fasilitas GSP diberikan AS kepada negara berkembang untuk sejumlah produk. 

AS memberikan fasilitas tersebut untuk mendorong perdagangan. Namun, pada masa pemerintahan Donald Trump, AS melakukan peninjauan fasilitas GSP ke sejumlah negara penerima. 

Baca Juga: Tips sukses dari Miliarder Ray Dalio pendiri hedge fund terbesar di dunia 

Bahkan AS mencabut fasilitas GSP untuk sejumlah negara. Salah satunya adalah India yang sebelumnya mendapat fasilitas GSP dari AS. 

Pengiriman tim negosiasi Indonesia ke AS juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga menegaskan perundingan GSP selesai akhir tahun 2019. 

"Kita akan kirim di bulan Desember, sehingga bisa diselesaikan sebelum Christmas," terang Airlangga. 

Ia bilang, sejumlah kesepakatan telah diselesaikan dalam pembahasan GSP antara Indonesia dengan AS. Berdasarkan perkiraan, kesepakatan telah selesai sekitar 80%.

"Sebagian besar 80% sudah selesai, yang masih belum, nanti ada yang dimasukkan dalam omnibus law," jelas Airlangga.

Baca Juga: Diberi waktu satu bulan, Mahendra kejar penyelesaian peninjauan GSP dari AS

Editor: Noverius Laoli