KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Budi Santoso tampil menarik perhatian publik dengan menjadi host live shopping pada sesi Spesial Harbolnas 12.12 yang disiarkan di Shopee Live, Kamis (12/12). Aksi ini menjadi salah satu bagian dari puncak perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024.
Baca Juga: Lazada 12.12 di Depan Mata, Cek Tips Berikut Maksimalkan Keuntungan Belanja Online Dalam sesi ini, Mendag mempromosikan produk lokal dari jenama Kevas Co, yang menawarkan pakaian pria, serta produk hijab dan khimar modern dari UMKM Sayra Official. Sambil menunjukkan produk-produk tersebut, Budi Santoso berinteraksi langsung dengan para penonton. “Ini produk dari Sayra ada abaya, sangat bagus dan bahannya adem. Ayo, Ibu-Ibu, bisa di-checkout sekarang. Kalau ini sweater dari Kevas Co, harganya cuma Rp 165 ribu, di bawah Rp 200 ribu. Kalau di Jepang, harga ini bisa jutaan. Ayo di-checkout semuanya,” ujar Budi, dengan penuh semangat. Kolaborasi Pemerintah dan E-Commerce untuk UMKM Kehadiran Mendag dalam sesi live shopping ini mencerminkan dukungan nyata pemerintah terhadap UMKM, sekaligus memperlihatkan kolaborasi yang erat dengan platform e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk lokal.
Baca Juga: Transaksi Harbolnas Melonjak, Waspada Kejahatan Serangan Siber Produk yang dipromosikan, seperti milik Kevas Co dan Sayra Official, bahkan telah berhasil menembus pasar ekspor. Dalam sesi mini talkshow, Budi berdialog dengan perwakilan dari kedua UMKM tersebut. Ia menekankan pentingnya sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional, yang menyerap hingga 97% atau 117 juta tenaga kerja di Indonesia. “Harbolnas 2024 ini bertujuan mendukung brand-brand lokal untuk memperkuat daya saing dan memperluas jangkauan. Contohnya Mas Kevin dari Kevas Co yang sukses menembus pasar ekspor, serta Ibu Surmiyati dari Sayra yang berhasil memanfaatkan teknologi untuk terus berkembang,” jelas Budi Santoso. Shopee, sebagai platform e-commerce terkemuka, turut meramaikan Harbolnas 2024 dengan berbagai program menarik, seperti diskon dan voucher spesial. Menurut Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, kampanye ini tidak hanya memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, tetapi juga mendorong pertumbuhan UMKM lokal.
Baca Juga: Pemerintah Targetkan Harbolnas 2024 Capai Rp 40 Triliun, Shopee Siap Dukung “Harbolnas menjadi momen penting bagi Shopee untuk memberikan manfaat bagi pembeli sekaligus mendukung UMKM. Kami ingin membantu pemerintah menjaga daya beli masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian nasional,” ujar Christin dalam keterangannya. Harbolnas, yang berlangsung sejak 2012, telah menjadi momen belanja tahunan yang dinantikan masyarakat Indonesia.
Pada 2024, acara ini berlangsung selama tujuh hari, dari 10 hingga 16 Desember, dengan target transaksi mencapai Rp 40 triliun, naik 16% dari tahun sebelumnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto