KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Budi Santoso menilai maraknya fenomena “rojali” alias rombongan jarang beli merupakan dampak dari transformasi dalam pola belanja masyarakat, dari toko fisik ke platform online. “Jadi sekarang ini karena antara offline dan online ini kan lagi transformasi ya. Sebagian besar sudah belanja ke online,” ujar Budi dalam acara Kick Off ASEAN Online Sales Day (AOSD) di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Kamis (7/8/2025). Ia menyebut, perubahan perilaku tersebut berdampak pada turunnya minat belanja langsung di toko fisik. Namun, kondisi ini bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha offline untuk ikut merambah ke e-commerce.
Mendag: Hybrid Omnichannel Jadi Solusi Hadapi Fenomena Rojali
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Budi Santoso menilai maraknya fenomena “rojali” alias rombongan jarang beli merupakan dampak dari transformasi dalam pola belanja masyarakat, dari toko fisik ke platform online. “Jadi sekarang ini karena antara offline dan online ini kan lagi transformasi ya. Sebagian besar sudah belanja ke online,” ujar Budi dalam acara Kick Off ASEAN Online Sales Day (AOSD) di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Kamis (7/8/2025). Ia menyebut, perubahan perilaku tersebut berdampak pada turunnya minat belanja langsung di toko fisik. Namun, kondisi ini bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha offline untuk ikut merambah ke e-commerce.
TAG: