Mendag Rahmat Gobel punya batik favorit



JAKARTA. Menteri Perdagangan (Mendag), Rachmat Gobel, mengaku dirinya sangat menyukai batik-batik rancangan perancang busana kenamaan Indonesia, mendiang Iwan Tirta. Menurutnya, busana rancangan Iwan memiliki nilai kreativitas yang sangat luar biasa dengan nilai estetika yang unggul.

Lebih lanjut, Rachmat mengatakan, dirinya merasa sangat bangga dengan produk batik rancangan Iwan Tirta. Sebab, Iwan selalu berupaya melestarikan budaya bangsa Indonesia melalui produk batik rancangannya. Oleh karena itu, tak salah bila Iwan disebut sebagai maestro batik Indonesia. 

"Saya punya kenangan dengan Pak Iwan Tirta di tahun 1998 saat masa krisis. Almarhum datang ketemu saya di kantor dan cerita tentang batik, karena saya suka koleksi almarhum," kenang Rachmat. saat memberi sambutan pada pembukaan Jakarta Fashion Week 2015 di Senayan City, Sabtu (1/11). 


Rachmat menyatakan, saat itu ia diajak ke workshop Iwan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, untuk melihat secara langsung proses produksi batik. Betapa kagumnya Rachmat, saat dirinya melihat gambar-gambar rancangan batik yang digambar Iwan bertumpuk dan disimpan dalam sebuah lemari. 

"Saya tanya ke Pak Iwan, kalau ini semua terbakar bagaimana desainnya, akan hilang. Aset itu semua akan hilang. Itu kan kekayaan intelektual beliau. Setelah diskusi panjang, saya bilang apakah memungkinkan kalau desain Pak Iwan bisa kita promosikan melalui teknologi IT. Gambar manual Pak Iwan didigitalisasi dan dimasukkan ke disc," jelas Rachmat. 

Upaya melestarikan rancangan Iwan Tirta tersebut diakui Rachmat berhasil. Sebab, cara yang ia rekomendasikan, terbukti mampu melestarikan berbagai mahakarya perancang busana Tanah Air, agar  rancangan tersebut terus terjaga secara abadi. 

"Itu berhasil, dengan bantuan teknologi bisa berjalan. Dengan bantuan teknologi,  kita bisa gali potensi yang ada," ungkap Rachmat. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia