JAKARTA. Perhelatan pemilihan umum (pemilu) akan mulai berlangsung di tahun depan. Hajatan lima tahun sekali ini bakal membawa berkah bagi sejumlah emiten. Sebab, belanja partai politik selama masa kampanye berpotensi mendongkrak pendapatan emiten. Pelaku pasar modal juga akan menyambut hasil Pemilu tahun depan. Belanja partai politik yang membengkak pada tahun depan akan dinikmati emiten sektor barang konsumsi, media, tekstil, ritel, dan transportasi. Analis Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih mengatakan, emiten yang bergerak di bidang massa akan paling diuntungkan. "Terutama televisi karena dinilai lebih efektif, tapi media cetak dan radio juga ikut menikmati iklan partai politik," imbuh dia. Analis Citi Research Ferry Wong, dalam risetnya bulan lalu, mengatakan, selain sektor media, emiten yang meraih untung dari sektor telekomunikasi dan ritel. Ferry menilai, untuk sektor media, iklan partai politik akan meningkat selama semester I tahun depan. Permintaan slot iklan pada jam potensial (prime time) akan meningkat, baik dari iklan fast moving consumer good (FMCG) maupun partai politik. Itu bisa mendorong kenaikan tarif iklan televisi.
Mengalap berkah dari pemilu 2014
JAKARTA. Perhelatan pemilihan umum (pemilu) akan mulai berlangsung di tahun depan. Hajatan lima tahun sekali ini bakal membawa berkah bagi sejumlah emiten. Sebab, belanja partai politik selama masa kampanye berpotensi mendongkrak pendapatan emiten. Pelaku pasar modal juga akan menyambut hasil Pemilu tahun depan. Belanja partai politik yang membengkak pada tahun depan akan dinikmati emiten sektor barang konsumsi, media, tekstil, ritel, dan transportasi. Analis Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih mengatakan, emiten yang bergerak di bidang massa akan paling diuntungkan. "Terutama televisi karena dinilai lebih efektif, tapi media cetak dan radio juga ikut menikmati iklan partai politik," imbuh dia. Analis Citi Research Ferry Wong, dalam risetnya bulan lalu, mengatakan, selain sektor media, emiten yang meraih untung dari sektor telekomunikasi dan ritel. Ferry menilai, untuk sektor media, iklan partai politik akan meningkat selama semester I tahun depan. Permintaan slot iklan pada jam potensial (prime time) akan meningkat, baik dari iklan fast moving consumer good (FMCG) maupun partai politik. Itu bisa mendorong kenaikan tarif iklan televisi.