Mengandalkan Netbook untuk Dongkrak Transaksi



Jakarta. Pameran komputer dan teknologi informasi terbesar di Indonesia kembali digelar. Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) mengadakan Indocomtech 2009 di Jakarta Convention Center (JCC). Acara ini berlangsung mulai kemarin (4/11) hingga Minggu (8/11).

Tahun ini ada 326 perusahaan yang menjadi peserta. Apkomindo menargetkan, sepanjang pameran total tran-saksi penjualan bisa mencapai Rp 180 miliar. "Jumlah ini lebih besar ketimbang transaksi Indocomtech 2008 yang mencapai Rp 150 miliar," kata Ketua Pelaksana Pameran Chris Irwan Japari, kemarin.

Chris memprediksi, penjualan netbook bakal memberi kontribusi besar pada pencapaian target transaksi tersebut. Maklum, permintaan terhadap laptop mini dan ringan ini memang terus meningkat, seiring makin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap perangkat komputer di tengah mobilitas yang tinggi.


Apkomindo juga menargetkan 125.000 pengunjung akan memadati pameran. Tahun lalu, Indocomtech berhasil menarik minat 96.000 orang untuk menghadiri pameran.

Penjualan naik

Para produsen pun optimistis ajang ini bisa membantu mendongkrak penjualan mereka. Salah satunya Toshiba. "Di pameran tahun lalu kami bisa menjual sekitar 2.500 unit laptop, tahun ini harusnya lebih baik karena kondisi ekonomi sudah lebih stabil," cetus Gunawan Nugroho, Presiden Direktur PT Techking Enterprises Indonesia, selaku distributor produk Toshiba. Tapi Gunawan menolak membeberkan target tahun ini.

Menurut Gunawan, dalam pameran ini Toshiba bakal memajang berbagai produk unggulannya. Misalnya notebook Satellite L510 serta Portege T110 dan T130 yang harganya dibanderol mulai Rp 5,99 juta sampai Rp 9,49 juta per unit. "Kami mengandalkan penjualan Toshiba Satellite L510 series dan Portege Slim terbaru," kata Gunawan.

Tidak mau kalah, Hewlett-Packard Indonesia (HP) juga menargetkan penjualan lebih tinggi ketimbang pameran tahun lalu. Tahun lalu, HP mencatatkan penjualan 5.000 unit komputer jinjing.

Category Director Personal Systems Group HP Indonesia Martin Wibisono yakin, penjualan tahun ini bakal lebih banyak dari tahun lalu lantaran daya beli masyarakat sudah pulih dari dampak krisis. "Andalan penjualan HP tetap seri netbook yang kami perkirakan bisa mencapai 30% dari seluruh penjualan dalam pameran ini karena harganya yang terjangkau," bebernya.

Selain itu, HP juga mengandalkan produk notebook dengan layar berukuran 14 inci. Perusahaan komputer terbesar kedua di Indonesia ini juga bakal menggelar berbagai program promosi penjualan selama pameran ini.

HP bakal memajang beberapa produk unggulan di pameran ini. Misalnya netbook seri Mini 110-1013TU yang harganya US$ 375 atau sekitar Rp 3,6 juta. HP juga bakal membawa Compaq Presario CQ40-532TU yang dilego seharga US$ 499 atau sekitar Rp 4,8 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan