Mengandung Purin, Apakah Brokoli Aman untuk Penderita Asam Urat? Ini Faktanya!



MOMSMONEY.ID - Asam urat adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal urat dalam sendi, yang berasal dari purin yang berlebihan dalam tubuh. Sumber makanan yang tinggi purin sering dihindari oleh mereka yang menderita asam urat karena dapat memperburuk kondisi tersebut.

Brokoli mengandung purin. Namun, apakah brokoli aman untuk asam urat?

Sebelumnya mari kita bahas tentang apa itu purin terlebih dahulu. Purin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam banyak makanan dan diproduksi secara alami oleh tubuh. Ketika dipecah, purin menghasilkan asam urat.


Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa membentuk kristal yang dapat menumpuk di sendi, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan peradangan yang dikenal sebagai gout atau asam urat.

Baca Juga: Menilik Khasiat Madu untuk Asam Lambung serta Cara Konsumsinya

Brokoli memang mengandung purin. Namun, kandungan purin dalam brokoli cukup rendah. Ini membuatnya jadi pilihan sayur yang aman untuk penderita asam urat.

Melansir dari laman Healthline, berikut adalah beberapa alasan mengapa brokoli aman untuk asam urat:

1. Kadar Purin yang Rendah

Menurut sebuah studi tahun 2014 mengenai kandungan purin dalam makanan, brokoli mengandung sekitar 70 miligram purin per 100 gram. Studi tersebut mengklasifikasikan brokoli sebagai makanan dengan purin rendah, di mana makanan dengan purin sangat tinggi memiliki lebih dari 300 mg per 100 g.

Hal ini menjadikan brokoli pilihan yang aman bagi penderita asam urat dan bagi mereka yang ingin mengonsumsi diet sehat.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

2.Tinggi Vitamin C

Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C bisa membantu mengurangi serangan asam urat. Vitamin C berperan penting dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, seperti yang disarankan oleh Arthritis Foundation.

3. Antioksidan Tinggi

Brokoli kaya akan senyawa antioksidan yang berperan sebagai agen anti-peradangan. Sebuah diet sehat yang termasuk brokoli dapat mendukung perjuangan melawan berbagai penyakit kronis, termasuk asam urat.

Baca Juga: Apakah Kacang Hijau Menyebabkan Asam Urat? Inilah Jawabannya!

Demikianlah jawaban dari pertanyaan, apakah aman brokoli untuk asam urat atau tidak.

Kesimpulannya, brokoli tidak hanya aman, tetapi juga bermanfaat dalam diet orang yang menderita atau berisiko terkena asam urat, berkat kandungan purin yang rendah, vitamin C yang tinggi, dan aktivitas antioksidannya.

Selanjutnya: Adaro Minerals Tak Bagi Dividen Tahun Buku 2023, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas