Mengapa KPK sering mengundang politisi PDIP?



JAKARTA. Belakangan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kerap mengundang Politisi asal PDI Perjuangan untuk berdiskusi politik.

Setelah Budiman Sutjatmiko, Pramono Anung, Kamis (12/9/2013) siang ini KPK kembali mengundang politisi asal PDI-P, Ganjar Pranowo yang juga Gubernur Jawa Tengah.

Namun, untuk undangan tersebut, Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas punya alasan tersendiri. “Itu sebagai pakar, bukan mewakili partai,” kata Busyro di Kantor KPK, Kamis (12/9). Lantas, saat dicecar mengapa tidak ada dari partai lain yang diundang, Busyro menjawab bahwa diskusi tersebut pendekatannya kepada alasan kepakaran dan keahlian seseorang. "Bukan partai politik," ujarnya. Pun demikian ketika kehadiran Pramono Anung, Busyro mengklaim bahwa saat itu KPK mengundang DPR, bukan atas nama pribadi.


Menurutnya, Ketua DPR Marzuki Alie menugaskan Pramono untuk menghadiri diskusi tersebut. "Itu yang kami undang DPR, tetapi yang ditugasi Pak Marzuki adalah Pak Pramono," kilahnya. Lalu, bagaimana dengan Budiman Sudjatmiko? Untuk politisi PDI-P yang satu ini, Busyro beralasan, "Itu kan sebagai pengamat saja." Busyro memastikan, pada saatnya nanti akan ada partai lain yang diundang lembaganya untuk melakukan diskusi. "Ada. Nanti ada pada saatnya ada. Urut loh," ujarnya. (Tribunnews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan