Setelah lama tarik ulur, Kementerian Perhubungan menyerahkan pengaturan standar operasional taksi online kepada masing-masing daerah. Memang ada pengecualian, seperti soal tarif atas dan tarif bawah di beberapa daerah, akan diatur oleh pemerintah pusat. Misalnya taksi yang beroperasi lintas provinsi, seperti di Jabodetabek. Begitu pun kuota taksi, yang aturannya mirip taksi konvensional. Di Indonesia, tidak sulit memanfaatkan fitur taksi online. Maklumlah, mereka ini sudah ada di kota-kota besar Indonesia, bahkan juga daerah yang lebih kecil. Jika dirunut, Gojek dan Grab bisa dijumpai di pulau-pulau besar yang relatif ramai di negeri ini. Untuk hal ini, kita bisa dibilang lebih dulu dari beberapa negara lain. Para pengusaha dan sopir taksi konvensional tidak lagi menggelar protes menentang moda transportasi berbasis aplikasi ini. Sebaliknya, mereka bertahan, atau ikut dalam aplikasi tersebut.
Mengatur takol
Setelah lama tarik ulur, Kementerian Perhubungan menyerahkan pengaturan standar operasional taksi online kepada masing-masing daerah. Memang ada pengecualian, seperti soal tarif atas dan tarif bawah di beberapa daerah, akan diatur oleh pemerintah pusat. Misalnya taksi yang beroperasi lintas provinsi, seperti di Jabodetabek. Begitu pun kuota taksi, yang aturannya mirip taksi konvensional. Di Indonesia, tidak sulit memanfaatkan fitur taksi online. Maklumlah, mereka ini sudah ada di kota-kota besar Indonesia, bahkan juga daerah yang lebih kecil. Jika dirunut, Gojek dan Grab bisa dijumpai di pulau-pulau besar yang relatif ramai di negeri ini. Untuk hal ini, kita bisa dibilang lebih dulu dari beberapa negara lain. Para pengusaha dan sopir taksi konvensional tidak lagi menggelar protes menentang moda transportasi berbasis aplikasi ini. Sebaliknya, mereka bertahan, atau ikut dalam aplikasi tersebut.