Mengawali Awal Pekan, Saham Himbara Kompak Menguat, Senin (25/3)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham bank-bank pelat merah atau kerap dikenal sebagai himpunan bank negara (Himbara) melanjutkan penguatan pada akhir perdagangan awal pekan ini (25/3). Meskipun, sentimen pembagian dividen pun sudah lewat.

Kenaikan tertinggi dicatatkan oleh saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Bank berlogo pita emas ini mengalami kenaikan harga saham sebesar 2,84% dari akhir pekan lalu menjadi Rp 7.250 per saham.

Jika dilihat sepanjang tahun ini, BMRI sendiri sudah mengalami kenaikan hingga 19,83%. Di mana, BMRI juga sebulan terakhir pernah mencatat harga tertingginya di level Rp 7.500 per saham.


Baca Juga: Bank BUMN Jadi Tumpuan Setoran Dividen

Selanjutnya, ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang kenaikan sahamnya di awal pekan ini mencapai 2,04%. Harga BBRI di penutupan perdagangan ada di level Rp 6.250 per saham.

 
BBRI Chart by TradingView

Adapun, sepanjang tahun ini, bank yang dekat dengan wong cilik ini tumbuh sekitar 9,17%. Sama halnya dengan BMRI, BBRI juga beberapa kali mencatatkan rekor harga tertingginya dan terakhir mencapai Rp 6.450 per saham.

Menyusul saudara sesama bank BUMN, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) pun turut mengalami kenaikan harga saham. Meski tak tergabung dalam bank KBMI 4, BBTN turut naik 1,60% menjadi Rp 1.585 per saham.

Baca Juga: Bank BUMN Siap Tebar Dividen, Begini Rekomendasi Saham Jagoan Analis

Bahkan, sepanjang tahun ini, BBTN mengalami kenaikan paling pesat dibandingkan himbara lainnya. BBTN mampu melesat hingga 26,8% jika dilihat sejak awal tahun.

Terakhir, ada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang mengalami kenaikan 1,28% menjadi Rp 5.925 per saham. Sejak awal tahun, BBNI sudah naik 10,23%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli