MOMSMONEY.ID - Bagi yang ingin bekerja di dunia digital dan sosial media, wajib tahu istilah KOL. Saat bekerja di start up dan dunia sosial media tentu ada banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah tugas atau tujuan. Salah satu istilah yang paling sering didengar dan digunakan dalam dunia digital masa kini adalah KOL. Namun, tak semua orang tahu, loh, apa itu istilah KOL jika tidak bekerja di bidang sosial media digital.
Nah, bagi orang awam, ada baiknya untuk mengetahui apa itu istilah KOL agar semakin paham saat ingin memulai kerja di bidang digital.
Baca Juga: 3 Tips Membuat Portofolio Social Media Specialist, Mudah Diikuti KOL dalam dunia digital adalah singkatan dari
Key Opinion Leader. Siapa pun yang bekerja atau disebut sebagai KOL adalah orang-orang yang dianggap ahli dalam suatu bidang tertentu sehingga pendapatnya akan selalu dihormati publik. Peran KOL dalam bisnis sendiri sering kali digunakan sebagai salah satu teknik marketing yang berkaitan dengan keahlian seorang KOL. KOL sendiri kerap kali bekerja sama dengan perusahaan
start up yang notabene menggunakan opini KOL sebagai sarana menjual produk atau melakukan marketing. Menurut
Shopee, karena keahlian yang dimiliki oleh KOL, opini yang diberikan oleh seorang KOL cenderung mudah dipercaya dan dianggap kredibel. Maka dari itu, banyak perusahaan atau
brand besar menggandeng KOL untuk bekerja sama dan mempromosikan produknya yang satu bidang dengan KOL.
Baca Juga: Wajib Tahu 4 Tanda Penting Tempat Kerja Anda Toxic Ini, Berikut Ciri-Cirinya Selain digunakan sebagai strategi marketing, KOL juga punya fungsi lain yang disampaikan oleh laman
Revou:
- Menghasilkan lebih banyak penjualan
- Beriklan di target audience yang tepat
- Menjangkau audiens lebih luas dan meningkatkan engagement
- Membuat brand lebih kredibel
- Memperluas pemasaran hingga di luar sosial media
Baca Juga: 5 Tontonan Penuh Inspirasi bagi Wanita Karier, dari Film sampai Drakor KOL sendiri punya beragam jenis yang membedakan tugas dan jangkauan
audience-nya. Berikut penjelasan dari
KOL Square:
- Nano KOL: followers kurang dari 10.000 namun sangat aktif di sosial media
- Micro KOL: followes lebih banyak, yaitu antara 10.000-100.000, dan menjangkau target pasar lebih besar
- Macro KOL: minimal followers berjumlah 100.000 namun interaksi tidak begitu intens dengan audience karena jangkauan audience yang luas.
Demikianlah penjelasan singkat tentang apa itu KOL yang sering disebut-disebut dalam dunia kerja digital masa kini. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Christ Penthatesia