Mengenal Sosok Gus Ipul, Walikota Pasuran Penggganti Risma sebagai Mensos



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo baru saja melantik Syaifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial menggantikan Tri Rismaharini yang maju dalam pemilihan umum kepala daerah Jawa Timur.

Sekarang ini pria yang kerap disapa Gus Ipul ini sekarang menjabat sebagai Walikota Pasuruan. Selain itu, ia pun tercatat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PNBN) masa periode 2022 – 2027.

Sebelum menjabat sebagai Walikota Pasuruan, pria kelahiran 28 Agustus 1964 ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2009 – 2019. Gus Ipul mendampingi Gubernur Soekarwo.


Ini bukan kali pertama Gus Ipul masuk dalam kabinet. Di era pemerintahan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ia pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) mulai dari Oktober 2004 hingga Mei 2007. 

Baca Juga: Resmi Dilantik Jadi Menteri Sosial, Ini Kata Gus Ipul

Sebagai kader PBNU, sebenarnya Gus Ipul juga memiliki kekerabatan dengan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid. Ia adalah keponakan Gus Dur. Dia pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada tahun 1999, sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001.

Sebagai menteri baru, Gus Ipul kemungkinan hanya akan menjabat sebagai menteri selama kurang lebih 1 bulan saja. Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo akan habis pada pertengahan Oktober nanti.

Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 mengenai Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024, batas waktu masa kekuasaan presiden dan wakil presiden adalah pada Minggu, 20 Oktober 2024, ketika presiden dan wakil presiden terpilih baru mengucapkan sumpah/janji.

Selanjutnya: BBM Subsidi Akan Dibatasi, Cek Harga Pertalite, Pertamax, Shell, Vivo September 2024

Menarik Dibaca: Dorong Gaya Hidup Sehat, AIA Gelar Kampanye Rethink Healthy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih