JAKARTA. Berbisnis secara online melalui internet memang tengah menjadi tren. Jika melihat ke belakang, pelaku bisnis di wahana dunia maya ini biasanya merupakan beberapa perusahaan menengah besar yang punya akses teknologi informasi. Namun, kondisi berbeda terjadi beberapa tahun belakangan ini. Perusahaan kecil menengah pun mulai ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk memperluas jaringan pasarnya. Cara yang paling mudah dan murah untuk berbisnis melalui online adalah dengan membuat situs (website). Hal itu dapat dilakukan dengan membayar jasa programmer web, atau dapat pula dengan membangun blog gratis seperti dalam blogger, wordpress dan lainnya. Tapi, kalau pun itu belum cukup, Google, perusahaan yang memiliki mesin pencari terbesar di dunia, menawarkan solusi beriklan murah di internet. Fasilitas tersebut dinamakan Google AdWords.AdWords bukanlah konsep iklan baru. Sejak dikeluarkan tahun 2002 silam, banyak iklan sejenis di beberapa situs web terkenal seperti Overture, SearchGalore, Kanoodle, dan Looksmart. Tapi, Google AdWords yang selalu terlihat di bagian kanan hasi pencarian di Google justru lebih populer. Maklum, bentuknya tak terkesan sebagai iklan secara blak-blakan.Derek Callow, Manajer Pemasaran Google Southeast Asia, menegaskan bahwa Google AdWords menawarkan solusi bagi 50 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia yang ingin menumbuhkan bisnisnya lebih besar dengan merangkul pelanggan online di seluruh dunia. "Dengan menawarkan tarif mulai Rp 90 per iklan, Google AdWords membantu UKM yang punya anggaran iklan rendah," tutur Callow. Menurut Callow, terdapat beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pengiklan di Google AdWords. Salah satunya yakni jangkauan yang tepat sasaran. “Orang mengakses Google lantaran butuh sesuatu. Nah, pengiklan langsung bisa membidik konsumen sesuai minat dan kebutuhannya," ujar Callow. Yang tak kalah penting, pengiklan hanya membayar kalau ada pengunjung situs yang mengklik iklan yang dipasang.
Mengglobal dengan Modal Cekak Lewat Google AdWords
JAKARTA. Berbisnis secara online melalui internet memang tengah menjadi tren. Jika melihat ke belakang, pelaku bisnis di wahana dunia maya ini biasanya merupakan beberapa perusahaan menengah besar yang punya akses teknologi informasi. Namun, kondisi berbeda terjadi beberapa tahun belakangan ini. Perusahaan kecil menengah pun mulai ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk memperluas jaringan pasarnya. Cara yang paling mudah dan murah untuk berbisnis melalui online adalah dengan membuat situs (website). Hal itu dapat dilakukan dengan membayar jasa programmer web, atau dapat pula dengan membangun blog gratis seperti dalam blogger, wordpress dan lainnya. Tapi, kalau pun itu belum cukup, Google, perusahaan yang memiliki mesin pencari terbesar di dunia, menawarkan solusi beriklan murah di internet. Fasilitas tersebut dinamakan Google AdWords.AdWords bukanlah konsep iklan baru. Sejak dikeluarkan tahun 2002 silam, banyak iklan sejenis di beberapa situs web terkenal seperti Overture, SearchGalore, Kanoodle, dan Looksmart. Tapi, Google AdWords yang selalu terlihat di bagian kanan hasi pencarian di Google justru lebih populer. Maklum, bentuknya tak terkesan sebagai iklan secara blak-blakan.Derek Callow, Manajer Pemasaran Google Southeast Asia, menegaskan bahwa Google AdWords menawarkan solusi bagi 50 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia yang ingin menumbuhkan bisnisnya lebih besar dengan merangkul pelanggan online di seluruh dunia. "Dengan menawarkan tarif mulai Rp 90 per iklan, Google AdWords membantu UKM yang punya anggaran iklan rendah," tutur Callow. Menurut Callow, terdapat beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pengiklan di Google AdWords. Salah satunya yakni jangkauan yang tepat sasaran. “Orang mengakses Google lantaran butuh sesuatu. Nah, pengiklan langsung bisa membidik konsumen sesuai minat dan kebutuhannya," ujar Callow. Yang tak kalah penting, pengiklan hanya membayar kalau ada pengunjung situs yang mengklik iklan yang dipasang.