KONTAN.CO.ID - Pasar minimarket terus berkembang. Kondisi ini dapat dilihat dari jumlah minimarket yang terus bertambah. Bahkan, kini, minimarket telah merambah sampai pedesaan. Tertarik membesarkan bisnis ritel di Indonesia, perusahaan ritel asal Korea Selatan, Lotte Grosir, mulai menawarkan kemitraan minimarket sejak tahun 2017. Kini, sudah ada 30 gerai di Jabodetabek, Lampung dan Bali. "Begitu kami luncurkan, respon masyarakat luar biasa," klaim Bagus Permadi Susilo, New Business Development Manager PT Lotte Shopping Indonesia. Nilai investasi minimarket Lotte Grosir mulai Rp 77 juta dengan gerai seluas 9 m2-12 m2. Jika tempat usaha lebih luas, nilai investasi juga bertambah. "Untuk luas 50 m2, nilai investasinya mulai Rp 100 juta. Luas tempat 100 m2 investasinya mulai Rp 250 juta. Investasi paling besar Rp 300 juta," jelas Bagus.
Menghitung peluang waralaba ritel Korea
KONTAN.CO.ID - Pasar minimarket terus berkembang. Kondisi ini dapat dilihat dari jumlah minimarket yang terus bertambah. Bahkan, kini, minimarket telah merambah sampai pedesaan. Tertarik membesarkan bisnis ritel di Indonesia, perusahaan ritel asal Korea Selatan, Lotte Grosir, mulai menawarkan kemitraan minimarket sejak tahun 2017. Kini, sudah ada 30 gerai di Jabodetabek, Lampung dan Bali. "Begitu kami luncurkan, respon masyarakat luar biasa," klaim Bagus Permadi Susilo, New Business Development Manager PT Lotte Shopping Indonesia. Nilai investasi minimarket Lotte Grosir mulai Rp 77 juta dengan gerai seluas 9 m2-12 m2. Jika tempat usaha lebih luas, nilai investasi juga bertambah. "Untuk luas 50 m2, nilai investasinya mulai Rp 100 juta. Luas tempat 100 m2 investasinya mulai Rp 250 juta. Investasi paling besar Rp 300 juta," jelas Bagus.