Mengoptimalkan Peluang Bisnis Waralaba di Saat Ekonomi Dibidik Tumbuh 8%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panorama Media, bekerja sama dengan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), KADIN, serta Franchise Academy Indonesia akan menggelar  FLEI Business Show pada 25-27 Oktober 2024. Pameran tersebut akan mempertemukan investor global dengan para pelaku bisnis lokal dan internasional.

Pameran ini akan hadir menawarkan cakupan yang lebih luas, mencakup waralaba, lisensi, dan berbagai solusi bisnis seperti reseller, distributor, hingga kemitraan.

“Ajang ini menciptakan platform yang lebih komprehensif untuk pelaku bisnis dari berbagai sektor. Melalui acara ini, kami ingin memperkuat jaringan bisnis, mendorong kolaborasi strategis, dan membuka peluang investasi baru,” kata Rulief Harjianto, Project Manager FLEI, dalam keterangannya, Kamis (3/10). 


Seperti diketahui, pemerintahan Prabowo-Gibran menjanjikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 8% per tahun.  Untuk itu, pemerintah  akan fokus pada penguatan infrastruktur. Sementara untuk pertumbuhan pasar domestik, di butuhkan peranan besar dari wiraswasta khususnya serta dunia usaha umumnya. 

Levita Ginting Supit, Ketua Umum WALI dan Wakil Ketua Kadin, melihat bahwa perhelatan superti  FLEI Business Show diperlukan untuk mendorong pertumbuhan usaha domestik.  Menurutnya, perhelatan itu memberikan peluang besar bagi sektor waralaba dan lisensi untuk berkontribusi pada perekonomian nasional. 

Baca Juga: Waralaba Wajib Buat Laporan Keuangan

Sementara itu, Burang Riyadi dari Franchise Academy Indonesia melihat peluang ekspansi melalui waralaba semakin besar seiring pulihnya ekonomi dari dampak Pandemi Covid-19. Pasalnya, Waralaba telah terbukti menjadi model bisnis yang tangguh, terutama di sektor makanan dan minuman, yang terus mengalami permintaan tinggi.

FLEI Business Show 2024 akan menampilkan berbagai program untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan investasi. Pertama, pameran ini akan menghadirkan hosted buyer program yang mempertemukan lebih dari 20 investor internasional dengan bisnis dan exhibitor lokal. Program ini bertujuan menjembatani kesenjangan antara investor asing dan pelaku bisnis Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Rulief Harjianto bilang, program tersebut didukung oleh AsiaWide, yang berperan membawa beberapa hosted buyer dan memperkuat jaringan internasional dalam ekspansi bisnis di Indonesia.

Kedua, akan digelar FLEI Business Conference dan Sesi Business Coaching. Ini ditujukan untuk membantu pengunjung memahami tren waralaba, mengevaluasi peluang bisnis potensial, serta membekali mereka dengan strategi yang tepat dalam membangun dan mengembangkan bisnis waralaba atau kemitraan.

Ketiga, Pameran FLEI Business Show menghadirkan exhibitor internasional dari Malaysia dan Korea. Kehadiran mereka tidak hanya memperluas ragam bisnis, tetapi juga membuka peluang investasi lintas negara.

Baca Juga: Starling Menjamur Berebut Pembeli Kopi yang Turun Kasta

Keempat, menghadirkan Kompetisi Championship Latte Art berskala nasional yang bekerja sama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI). Kompetisi ini menjadi ajang bagi barista-barista berbakat dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan keahlian mereka dalam seni latte, memperkuat daya tarik industri kopi yang semakin berkembang di Tanah Air. 

FLEI Business Show 2024 juga bekerja sama dengan mitra strategis seperti GoWork, yang menyediakan ruang kerja bersama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Tangerang, Medan, dan Bali. Acara ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dengan fokus pada fleksibilitas dan komunitas, GoWork menyediakan berbagai ruang kerja, dari coworking space hingga private office, yang mendukung bisnis di berbagai tahap. Ruang acara multifungsi GoWork juga menjadi pilihan untuk acara penting seperti town hall, konferensi pers, dan networking. Dukungan GoWork mencerminkan komitmen FLEI dalam menciptakan platform bisnis yang inklusif dan menyeluruh.

Selanjutnya: Soal Kelanjutan Program Prakerja, Ini Kata Menko Airlangga

Menarik Dibaca: Resep Bolu Susu Vanilla Choco dengan Saus Vla ala Chef Devina Hermawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk