Mengulik Fakta, Benarkah Terlalu Lama Duduk Menyebabkan Ambeien



MOMSMONEY.ID - Ambeien adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah di sekitar area rektum dan anus. Banyak yang mengatakan, duduk berlebihan bisa picu kondisi ini. Lantas, benarkah terlalu lama duduk menyebabkan ambeien ya?

Benar, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena ambeien. Ini terjadi karena duduk lama menekan pembuluh darah di sekitar bokong dan anus.

Ketika duduk, otot-otot gluteal meregang, yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum juga meregang serta kehilangan elastisitasnya.


Akibatnya, pembuluh darah yang telah melemah ini dapat membengkak saat terisi darah dan ini bisa mengarah pada pembentukan ambeien atau wasir.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Perut Buncit, Bisa Timbulkan Penyakit Ini lo

Dikutip dari Hello Sehat, efek duduk terlalu lama ini bervariasi tergantung pada jenis kursi. Duduk di kursi yang keras cenderung menyebabkan tekanan lebih besar dibandingkan dengan kursi yang lebih empuk.

Namun, duduk terlalu lama di toilet merupakan situasi yang paling berbahaya. Posisi duduk di toilet membuat rektum berada di posisi lebih rendah daripada bagian bokong lainnya. Hal ini meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan menyebabkan darah mengalir lebih banyak ke area tersebut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annali Italiani di Chirurgia, duduk terlalu lama di toilet tidak hanya meningkatkan risiko terkena wasir, tapi juga memperparah kondisi yang sudah ada.

Jadi, benarkah terlalu lama duduk menyebabkan ambeien? Iya, duduk terlalu lama bisa sebabkan ambeien. Namun, tidak hanya itu saja penyebab ambeien.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Karena Apa? Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

Melansir dari Alodokter, ini beberapa penyebab ambeien lainnya yang penting untuk Anda ketahui:

1. Kurang serat

Pola makan yang rendah serat sering menjadi penyebab utama ambeien. Serat membantu melunakkan tinja, sehingga memudahkan proses buang air besar tanpa harus mengejan.

Kekurangan serat membuat tinja keras dan menyebabkan Anda harus mengejan ketika buang air besar. Kondisi ini meningkatkan tekanan di rektum dan bisa memicu pembengkakan pembuluh darah menjadi ambeien.

2. Obesitas

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang obesitas lebih sering mengalami ambeien. Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan pada jaringan rektum karena timbunan lemak, yang mempengaruhi metabolisme dan dapat menyebabkan ambeien.

Baca Juga: 10 Pilihan Buah yang Bagus untuk Kolesterol, Bantu Turunkan LDL

3. Mengangkat barang berat

Mengangkat beban berat secara rutin atau aktivitas yang meningkatkan tekanan abdominal dapat memicu ambeien. Hal ini sering terjadi saat Anda menahan napas dan mengejan.

4. Kehamilan

Selama kehamilan, perubahan hormon dan pertumbuhan rahim menambah tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, yang sering kali menyebabkan ambeien.

Baca Juga: 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Miss V, Coba Konsumsi Ini!

5. Merokok

Merokok meningkatkan risiko kerusakan pada pembuluh darah, termasuk di area anus. Penelitian menunjukkan bahwa perokok lebih cenderung mengalami ambeien dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan, benarkah terlalu lama duduk menyebabkan ambeien? Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas