Mengusung merek Gery, Garuda Food fokus ekspor ke Asean



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain mempunyai segmen domestik, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) juga menyuplai produknya ke pasar ekspor. Meski porsinya masih belum terlalu besar, namun GOOD melihat kesempatan segmen tersebut dapat berkembang.

Dian Astriani, Head of Corporate Communication PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mengatakan perusahaan mengekspor produk dengan merek Gery. Sampai saat ini tampaknya GOOD belum berencana menambah merek produk yang dipasarkan ke luar negeri.

"Kami masih fokus dengan brand Gery seperti jenis cracker dan wafer stick," ujar Dian kepada Kontan.co.id, Minggu (11/11). 


Fokusnya masih di negara Asean. Menurut Dian kontribusi ekspor saat ini sekitar 5% dari total pendapatan GOOD.

Ke depannya GOOD ingin meningkatkan sumbangan ekspor tersebut, hanya saja manajemen belum dapat menyebutkan angka pastinya. Dengan pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) tiap tahunnya yang berkisar 8%-10%, GOOD optimistis mampu tumbuh di atas rata-rata pasar.

Mengenai capaian kinerja sampai kuartal terbarunya, manajemen belum dapat membeberkan. Yang jelas pada prospektus GOOD saat IPO beberapa waktu yang lalu sampai empat bulan pertama yakni hingga April 2018, penjualan Garudafood tercatat naik 13,5% menjadi Rp 2,9 triliun dari Rp 2,5 triliun untuk periode yang sama pada 2017. Laba bersih perusahaan ini tumbuh 136% menjadi Rp 222,5 miliar selama periode empat bulan hingga April 2018 dibandingkan periode yang sama di tahun 2017 sebesar Rp 94,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi