Menhub: SDM Salah Satu Tonggak Utama Kemajuan Transportasi



KONTAN.CO.ID -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong agar sumber daya manusia (SDM) di sektor transportadi terus ditingkatkan kualitasnya. Pasalnya, SDM menjadi salah satu tonggak utama keberhasilan dan kemajuan transportasi.

Hal ini disampaikan Menhub saat membuka sekaligus memberi sambutan melalui video conference acara Seminar dan Talkshow "Harmoni Pembangunan SDM Transportasi: Menuju Talenta Unggul 2025", yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung, Kamis (3/10).

"Keberhasilan dan kemajuan sektor transportasi sangat bergantung pada SDM berkualitas yang mampu merancang, memelihara, mengoperasikan, serta mengeksplorasi sistem transportasi. Untuk itu, pembangunan SDM sangat penting untuk mencetak talenta unggul Indonesia di sektor transportasi," ujar Menhub.


Menhub menekankan, dalam 10 tahun terakhir, pembangunan masif pada sektor transportasi telah memperkuat fondasi ekonomi dan sosial Indonesia. Pencapaian besar ini meliputi pembangunan infrastruktur fisik dan transformasi digital. Maka, SDM transportasi yang ada saat ini dan masa mendatang, perlu memperlengkapi diri agar mampu menghadapi transformasi digital serta kecanggihan infrastruktur terkini.

"SDM transportasi harus terus meng-upgrade diri agar bisa beradaptasi di tengah perubahan zaman yang begitu cepat. Pengembangan diri diantaranya bisa melalui program pendidikan dan pelatihan untuk mewujudkan sistem transportasi inovatif dan berkelanjutan," tutur Menhub.

Sejalan dengan itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof. Dr. Ida Nurlinda menyampaikan pentingnya menghasilkan lulusan yang berkualitas dari sekolah tinggi bidang transportasi. Berkualitas di sini artinya selain menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, juga memiliki karakter dan dapat berkontribusi nyata pada capaian pembangunan nasional.

"Para lulusan ini memiliki peran strategis sebagai agen-agen pembangunan transportasi yang perlu mendapatkan dukungan pengembangan SDM yang berkelanjutan. Maka itu, kolaborasi antara akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan sangatlah penting untuk menghasilkan lulusan yang akan menjadi tenaga profesional yang mampu menghadapi tantangan," ujar Ida.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Badan Kebijakan Transportasi Robby Kurniawan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Subagiyo, President Director Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, Kepala Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Ikaputra, Ketua Dewan Transportasi Kota Haris Muhammadun, Ketua Bidang Organisasi & Keanggotaan DPP Indonesian National Shipowners' Association Capt. Zaenal Hasibuan.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Bangun 521 Infrastruktur Transportasi

Selanjutnya: Kinerja Mayora Indah (MYOR) Didorong Ekspansi di Pasar Ekspor

Menarik Dibaca: Eastspring Investment Jalin Kerjasama dengan Ayovest untuk Distribusi Reksadana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: