Menikmati kartu kredit tanpa tercekik setan kredit (1)



JAKARTA. Tewasnya seorang nasabah kartu kredit salah satu bank di Tanah Air akibat dugaan penganiayaan petugas penagih utang (debt collector) bank tersebut, akhir Maret lalu, terus menjadi sorotan masyarakat. Akibat peristiwa itu, kini nasabah bank semakin takut memanfaatkan kartu kredit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam menagih utang kartu kredit nasabah, perbankan selalu memanfaatkan jasa debt collector. Masalahnya, cara penagihan utang oleh debt collector kerap sengaja membuat nasabah tidak nyaman. Akibat terbelit utang kartu kredit yang bunganya selangit, tak sedikit pemegang kartu kredit yang merasa terteror atau menjadi objek pemerasan.Tidak heran belakangan ini banyak pendapat miring soal asas manfaat kartu kredit. Sebagian orang menilai, penggunaan kartu kredit lebih banyak mudarat ketimbang bermanfaat. Penggunaan kartu kredit secara berlebihan hanya akan mendatangkan bunga berbunga yang bisa menjerat mereka ke dalam kubangan utang.

So, apakah kartu kredit tidak memiliki manfaat sama sekali? Tidak juga. Eko Endarto, perencana keuangan dari Finansia Consulting menilai, banyak sisi manfaat atau keuntungan yang bisa diperoleh seseorang jika menggunakan kartu kreditManfaat kartu kreditSalah satu manfaat kartu kredit yang paling nyata adalah transaksi belanja Anda lebih aman. Dengan kartu kredit, Anda tak perlu membawa uang tunai banyak-banyak dalam dompet. Risiko kehilangan uang berkurang, bukan?Belanja menggunakan kartu kredit juga banyak membantu Anda yang suka mencatat pengeluaran rumah tangga. "Setiap akhir bulan akan ada laporan pembelian barang yang dikirim bank penerbit," kata Eko.Transaksi memakai kartu kredit juga memungkinkan Anda 'menunda' pembayaran hingga jatuh tempo menjelang. Berutang, dong? Bukan. Kartu kredit tak mengenakan bunga sepanjang kita melunasi seluruh tagihan sebelum jatuh tempoRakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan menambahkan, kartu kredit bisa dimanfaatkan sebagai dana darurat. Mereka yang pernah mengalami nasib nahas harus membawa keluarga ke rumah sakit tentu pernah merasakan manfaat ini. Kartu kredit bisa jadi jaminan pembayaran biaya rumah sakit.

Itu tadi baru sekelumit manfaat kartu kredit. Bagaimana mengoptimalkan manfaat kartu kredit tanpa terbelit setan kredit? Berikut adalah beberapa tip sederhana dari para perencana keuangan yang dirangkum KONTAN. Program diskonSudah sejak lama kartu kredit menjadi bagian gaya hidup. Berhati-hati memanfaatkan kartu kredit tentu baik, tapi sayang kalau 'uang plastik' itu cuma mengeram di dompet.


Anda patut memanfaatkan program diskon barang dan jasa yang ditawarkan bank penerbit dan beberapa toko atau tempat belanja (merchant). Yang penting Anda tak tergiur diskon barang yang jauh dari keperluan. Jika dimanfaatkan berburu diskon barang kebutuhan rutin, kartu kredit bisa menekan pengeluaran rutin kita.Untuk memanfaatkan diskon, Anda bisa membaca halaman advertising di media cetak atau menemukan banner promosi kartu kredit tertentu. Anda dapat menikmati diskon untuk bersantap, diskon belanja busana merek terkenal, maupun diskon tiket penerbangan. Meski begitu Rakhmi mengingatkan, Anda harus selalu jeli dan teliti memeriksa dan menyeleksi berbagai tawaran diskon tersebut.Ambil contoh, kartu kredit Anda menawarkan diskon di Toko A sebesar 30% sedangkan di Toko B 20%. Sepintas diskon di Toko A lebih menggiurkan. Cuma, kalau dengan diskon 20% Anda bisa membayar lebih murah untuk barang yang sama, sebaiknya gesekkan kartu Anda di kasir Toko B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini