Menilik Khasiat Madu untuk Asam Lambung serta Cara Konsumsinya



MOMSMONEY.ID - Mari menilik khasiat madu untuk asam lambung yang jarang diketahui orang. Ketahui juga cara konsumsinya.

Asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Beberapa faktor pemicu asam lambung termasuk makanan pedas, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Banyak orang mencari pengobatan alami untuk meredakan gejala asam lambung, salah satunya adalah madu. Madu dikenal memiliki berbagai khasiat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk membantu mengatasi masalah asam lambung.


Momsmoney akan mengulas lebih dalam terkait khasiat madu untuk asam lambung dan cara konsumsinya. Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: Cegah Penyakit Berbahaya, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan!

Khasiat Madu untuk Asam Lambung

Melansir dari Healthline, madu dapat membantu mengurangi gejala refluks asam. Meskipun belum ada penelitian besar yang cukup untuk memastikan penggunaan madu sebagai pilihan pengobatan, beberapa studi kecil telah mengeksplorasi potensi manfaat dan kegunaannya.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2024, Madu Manuka digunakan untuk mengobati penderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawatan ini dikaitkan dengan:

  • penurunan gejala umum seperti nyeri ulu hati dan regurgitasi
  • perbaikan esofagitis, yaitu peradangan di kerongkongan
  • viskositas atau ketebalan madu yang memungkinkannya melapisi kerongkongan
Baca Juga: Manfaat Buah Semangka untuk Asam Lambung, Ada Rekomendasi Buah Lainnya Juga

Cara Mengonsumsi Madu untuk Asam Lambung

Sebenarnya tidak ada dosis khusus yang direkomendasikan oleh para ahli dalam konsumsi madu untuk asam lambung.

Namun, peneliti dalam studi kecil tahun 2024 yang disebutkan sebelumnya menggunakan 5 gram madu Manuka yang diminum tiga kali sehari. Anda bisa menggunakan dosis ini sebagai titik awal dan menyesuaikannya sesuai dengan bagaimana madu memengaruhi gejala Anda.

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi madu secara langsung, Anda bisa mencampurnya dengan segelas air hangat atau teh. Anda juga bisa mengaduknya ke dalam susu hangat atau yogurt untuk mendapatkan efek yang lebih menenangkan.

Sebagian besar orang dapat mengonsumsi madu tanpa efek samping yang merugikan. Namun, penting untuk diingat bahwa madu dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Intip Nutrisi dan Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jika Anda menderita diabetes, gula darah rendah, atau sedang minum obat yang memengaruhi gula darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba madu.

Anda juga harus berbicara dengan dokter jika sedang dalam pengobatan lain, hamil, atau menyusui.

Perlu juga diperhatikan bahwa madu tidak aman untuk bayi dan anak kecil. Jika Anda mengalami efek samping yang tidak biasa, sebaiknya hentikan konsumsi madu dan segera mencari bantuan medis.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait khasiat madu untuk asam lambung. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas