Menilik Khasiat Susu Kedelai untuk Diet Menurunkan Berat Badan



MOMSMONEY.ID - Masuk dalam daftar susu yang baik untuk diet. Yuk, ketahui khasiat susu kedelai untuk diet menurunkan berat badan di sini.

Susu kedelai telah lama dikenal sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan susu sapi, terutama bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau memilih gaya hidup vegan.

Susu kedelai adalah pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Dikutip dari laman Live Strong, ada sebuah penelitian dalam jurnal Nutriens yang menyebutkan bahwa kandungan protein dalam susu kedelai dapat membuat Anda merasa kenyang.


Baca Juga: Kalori Mie Instan Goreng, Amankah untuk Diet?

Menyadur dari laman Fitday, di bawah ini beberapa khasiat susu kedelai untuk diet menurunkan berat badan lainnya:

1. Susu kedelai rendah kalori

Keuntungan susu kedelai dibandingkan susu sapi untuk penurunan berat badan adalah kandungan kalorinya yang lebih rendah dan sedikit gula. Satu cangkir susu kedelai utuh rata-rata mengandung sekitar 80 kalori, lebih rendah dibandingkan susu skim.

Susu kedelai memiliki karbohidrat berkualitas lebih baik karena hanya mengandung setengah dari jumlah gula yang ada dalam susu sapi, yang biasanya memiliki sekitar 12 gram gula laktosa.

Karbohidrat dalam susu kedelai sebagian besar berupa serat makanan, dengan satu cangkir menyediakan 3 gram serat, atau sekitar 12% dari kebutuhan serat harian Anda. Serat ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mempercepat proses pencernaan.

Baca Juga: 5 Basic Skincare untuk Pemula agar Kulit Bersih dan Sehat, Intip yuk!

2. Susu kedelai membantu mengurangi lemak tubuh

Lemak dalam susu kedelai berbeda dari lemak dalam susu sapi, yang cenderung jenuh dan berisiko menumpuk di tubuh.

Lemak tak jenuh dalam susu kedelai justru baik untuk tubuh karena dapat mencegah peningkatan lemak darah dan menghambat penyerapan lemak serta kolesterol dalam usus.

Fitosterol yang ada dalam kedelai juga berfungsi sebagai penghambat lemak, sehingga mengonsumsi susu kedelai mengurangi penyerapan lemak dari makanan.

Susu kedelai juga kaya akan vitamin yang membantu membakar lemak. Satu cangkir susu kedelai mengandung 30% dari kebutuhan harian riboflavin dan 50% vitamin B12.

Kedua vitamin ini sangat penting dalam produksi energi dan metabolisme asam lemak. Dengan asupan vitamin yang cukup, tubuh bisa membakar lemak dengan lebih efisien, yang tentu mendukung upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: Tape Singkong untuk Asam Lambung Anda, Amankah Dikonsumsi?

3. Susu kedelai dapat membangun otot tanpa lemak

Susu kedelai mengandung protein dalam jumlah yang hampir sama dengan susu sapi, yaitu sekitar 7 gram per cangkir, serta mengandung semua asam amino esensial.

Protein kedelai dianggap sebagai salah satu sumber protein lengkap terbaik yang membantu membangun otot, jaringan, dan sistem tubuh lainnya.

Penelitian menunjukkan, konsumsi produk kedelai secara teratur, dikombinasikan dengan olahraga, dapat mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan persentase otot tanpa lemak.

Baca Juga: Obati Asam Lambung dengan Lidah Buaya, Begini Cara Mengolahnya

Demikianlah ulasan terkait khasiat susu kedelai untuk diet menurunkan berat badan. Makanan atau minuman berbahan kedelai juga sering menggantikan pilihan makanan yang kurang sehat, sehingga dapat membantu mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak.

Melansir dari Very Well Health, isoflavon yang terkandung dalam kedelai juga dapat membantu mengatur berat badan dengan memengaruhi hormon yang terkait dengan nafsu makan dan penyimpanan lemak. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: BPS: China Masih Mendominasi Pasar Ekspor Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas