Menilik Kinerja Bisnis Mal Ciputra Development (CTRA) Pasca Pandemi Covid-19



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis pusat perbelanjaan atau mal PT Ciputra Development Tbk (CTRA) terus menunjukkan pertumbuhan positif selama tahun 2023 ini. 

Direktur Ciputra Development Harun Hajadi menyatakan bahwa kinerja portofolio mall milik CTRA sudah hampir mendekati posisi pada saat pra Covid-19 atau tahun 2019. 

Pihaknya memproyeksikan realisasi bisnis mal sampai akhir tahun 2023 tidak akan jauh berbeda dengan hasil pada tahun 2019 silam. 


“Tahun 2023 bisnis mal bertumbuh pastinya dan sudah hampir mendekati kondisi pra Covid-19,” ungkap Harun, kepada Kontan.co.id, Kamis (28/9) lalu. 

Baca Juga: Ciputra Development Siapkan Proyek Baru di Semester II-2023

Berdasarkan laman Ciputradevelopment.com, CTRA saat ini memiliki lima proyek mal yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, di antaranya Lotte Shopping Avenue Jakarta, Mal Ciputra Jakarta, Mal Ciputra World Surabaya, Mal Ciputra Semarang, dan Mal Ciputra Tangerang. 

CTRA belum berencana menambah portofolio mal baru pada tahun 2023, namun seperti disebutkan Harun, saat ini pihaknya tengah melakukan proses design untuk mal baru yang akan dibangun di tahun 2014 mendatang.

Dari sisi rata-rata rasio okupansi mal, CTRA menargetkan untuk dapat mencapai level 98% sampai tutup tahun nanti. Optimisme tersebut didukung oleh peningkatan tingkat kunjungan konsumen yang akan menarik tenant-tenant baru untuk masuk. 

 
CTRA Chart by TradingView

“Bisnis mall akan kami kembangkan terus di lokasi pengembangan kami yang besar. Tenant-tenant juga sudah mulai ekspansi,” jelasnya. 

Untuk diketahui, CTRA memiliki porsi 18% dari recurring income atau pendapatan berulang dari total revenue.

Adapun, segmen pusat niaga dan kawasan komersial tercatat berkontribusi sebesar Rp 317,83 miliar pada semester I-2023. Angka ini meningkat 14,80% dari sebelumnya Rp 276,84 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .