Menilik Manfaat Air Hangat untuk Asam Lambung serta Tips untuk Konsumsinya



MOMSMONEY.ID - Beberapa penderita asam lambung mencari alternatif alami untuk mengelola kondisi ini. Salah satu cara yang sering dipilih adalah menggunakan manfaat air hangat untuk asam lambung. Namun, apakah cara ini efektif untuk mengelola asam lambung?

Momsmoney akan mengulasnya lebih dalam pada kesempatan kali ini. Jadi, mari simak hingga akhir!

Baca Juga: 13 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah yang Terbaik, Bisa Dicoba!


Manfaat Air Hangat untuk Asam Lambung

Asam lambung sendiri esensial untuk memecah dan mencerna nutrisi dari makanan. Namun, produksi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi dimana asam naik ke atas, yang mengakibatkan gejala refluks asam lambung muncul.

Gejala yang biasa muncul pada penderita asam lambung antara lain mengalami kembung, sensasi terbakar di dada (heartburn), sering bersendawa, rasa pahit di mulut, dan kesulitan menelan.

Minum air hangat dapat membantu meredakan gejala-gejala ini.  Melansir dari laman Hello Sehat, air hangat berfungsi untuk mengencerkan asam lambung yang berlebih dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Pilihan Minuman yang Bagus untuk Asam Lambung, Ayo Konsumsi!

Air hangat juga dapat membantu membasmi bakteri atau virus yang berpotensi berbahaya di dalam lambung, sehingga melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Dengan rutin mengonsumsi air hangat dan makanan yang kaya serat, kambuhnya gejala dapat dicegah. Kombinasi air hangat dan serat membantu menyerap kelebihan asam lambung.

Selain itu, serat dan air juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah kebiasaan makan berlebih yang merupakan salah satu pemicu utama gejala asam lambung.

Baca Juga: Ada Alpukat hingga Pisang, Inilah 11 Buah yang Baik untuk Asam Lambung

Tips Konsumsi Air Hangat untuk Asam Lambung

Mengonsumsi air hangat sebaiknya tidak berlebihan. Terlalu banyak minum air hangat dapat menyebabkan perut kembung, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terutama bagi mereka yang memiliki masalah lambung, minum air dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu gejala. Secara umum, aturan minum air hangat sama dengan rekomendasi asupan air putih harian, yang menurut Mayo Clinic adalah sekitar 8 gelas per hari.

Demikianlah ulasan terkait manfaat air hangat untuk asam lambung serta tips konsumsinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas