KONTAN.CO.ID - Pamor minuman bubble memang tidak seheboh beberapa tahun lalu. Meski begitu, bisnis usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul dan mampu merangkul mitra dengan cepat. Salah satunya, Es Caper. Gerai minuman
bubble racikan Stephen Lesmana ini pun menawarkan kemitraan awal tahun 2018. Kini, sudah ada 57 mitra yang bergabung. Lokasi gerainya tersebar di area Jabodetabek.
Usaha minuman
bubble dengan topping
silky pudding ini sudah dirintisnya sejak tahun 2016 dengan membuka gerai pertama di Cengkareng, Jakarta. Mendapatkan respon positif dari pasar, gerai pribadinya bertambah menjadi 12 unit yang tersebar di Cengkareng dan Tangerang. Menyasar konsumen dari kelas menengah ke bawah, Es Caper menjual
bubble drink ini mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 8.000 per gelas. Tersedia 12 varian menu yang bisa menjadi pilihan konsumen. Beberapa di antaranya adalah
choco banana, chocolate special, greentea matcha, dan
pudding bubble gum. Stephen mengklaim bahwa kelebihan produknya terletak pada bahan baku. Ia menggunakan bahan baku dengan kualitas tinggi sehingga rasa minumannya tidak kalah dengan produk dari
brand terkenal lainnya. Es Caper menawarkan dua paket kemitraan.
Pertama, paket senilai Rp 2,9 juta. Mitra pada paket ini akan mendapatkan seluruh perlengkapan berjualan mulai dari
booth, perlengkapan masak lengkap, bahan baku awal, pelatihan, dan
branding.
Kedua, paket senilai Rp 3,9 juta. Fasilitas yang didapatkan oleh mitra sama dengan sebelumnya, hanya untuk paket ini mitra juga bisa menjual menu
silky pudding.
Untuk menjaga kualitas produk dan menciptakan rasa yang sama pada setiap gerai, mitra wajib mengambil bahan baku utama dari pusat. Berdasarkan perhitungan Stephen, rata-rata waktu balik modal mitra sekitar satu sampai dua bulan. Dengan catatan, setiap harinya gerai mitra dapat menjual sekitar 50 porsi sampai 150 porsi. Setelah dikurangi biaya produksi dan operasional, porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi mitra masih sekitar 40% dari omzet. Sepanjang tahun ini, Stephen memasang target dapat berkerjasama dengan 100 mitra. Makanya, dia getol melakukan promosi melalui ajang pameran franchise dan juga media digital. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Johana K.