Menjelang Akhir Tahun, APM Gencar Berikan Promo Demi Dongkrak Penjualan Mobil Baru



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun 2024, sejumlah agen pemegang merek (APM) otomotif semakin gencar menawarkan berbagai promo untuk menarik minat konsumen.

Langkah ini diambil untuk mendongkrak penjualan mobil baru yang sepanjang tahun ini menunjukkan tren penurunan.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga Agustus 2024, penjualan mobil nasional turun 12,1% secara tahunan (year on year/YoY) menjadi 684.879 unit dalam kategori retail (dealer ke konsumen).


Baca Juga: APM Memacu Penjualan Mobil dengan Ragam Promosi

Salah satu merek yang aktif menawarkan promo penjualan adalah Daihatsu. Melalui jaringan dealer Astrido Daihatsu yang menjangkau area Jabodetabek, Daihatsu memberikan promo pembelian dengan down payment (DP) ringan.

Misalnya, model Daihatsu Ayla dan Sigra di segmen Low Cost Green Car (LCGC) dapat dimiliki konsumen dengan DP sekitar Rp 5 jutaan. Sedangkan, model Xenia dan Rocky bisa dibeli dengan DP Rp 10 jutaan.

Secara umum, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menggelar program Daifest 2024 yang berlangsung sejak September hingga akhir Desember.

Baca Juga: Rayakan 50 Tahun Eksistensi di Indonesia, Isuzu Berhasil Tingkatkan Pangsa Pasar

Program ini menawarkan diskon spesial, paket kredit menarik dengan bebas biaya administrasi, promo tukar tambah, dan lainnya. 

Menurut Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, program promo ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek Daihatsu sehingga berujung pada peningkatan penjualan.

“Untuk konsumen yang membeli dengan kredit, penawarannya bisa berupa DP ringan, angsuran ringan, dan tenor yang panjang,” ujarnya, Minggu (6/10).

Namun, penjualan retail Daihatsu hingga Agustus 2024 tercatat menurun 12,6% YoY, menjadi 117.358 unit.

Baca Juga: Pasar Motor Sport di Indonesia Menderu, Begini Prospek Penjualannya

Selain Daihatsu, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga memacu penjualannya melalui program promo bertajuk Toyota Spektakuler. Dalam program ini, Toyota menawarkan DP ringan mulai 20% dan bunga cicilan 0% hingga 2,9% selama tiga tahun untuk pembelian model Avanza, Veloz, dan Rush.

Auto2000, dealer Toyota, turut memberikan promo DP Rp 10 jutaan dan bunga kredit mulai 0% untuk model Calya, Agya, Avanza, Veloz, Rush, dan Raize.

Tidak mau ketinggalan, PT Honda Prospect Motor (HPM)juga turut menawarkan berbagai promo menarik. Dealer Honda di Jakarta Pusat memberikan cashback mulai dari Rp 5 jutaan untuk model Honda WR-V, HR-V, dan Brio.

Honda juga menyediakan promo bebas biaya perawatan untuk model Brio Satya, Brio RS, CR-V, Mobilio, City Hatchback RS, dan BR-V yang berlaku di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Penjualan Motor Sport Suzuki Diklaim Stabil, Model Ini Jadi Andalan

Merek asal China, Wuling Motors, melalui program Wuling Octofest menawarkan promo untuk mobil konvensional dan listrik. Misalnya, model Wuling Cortez, Confero, dan Formo dapat dibeli dengan DP mulai Rp 16 jutaan, serta garansi tiga tahun atau 100.000 kilometer.

Untuk mobil listrik, seperti Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV, Wuling memberikan garansi seumur hidup untuk komponen inti yang mencakup baterai, motor penggerak, dan unit kontrol.

Selain itu, Wuling juga menawarkan gratis biaya perawatan untuk mobil listrik selama 15,5 tahun atau 155.000 kilometer.

Baca Juga: Penjualan Mobil Sedan Melaju Lebih Kencang

“Dengan berbagai promo ini, kami berharap pengalaman kepemilikan kendaraan Wuling menjadi semakin mudah,” ujar Edison, Sales Operation Manager Wuling Motors, Minggu (6/10).

Dengan adanya berbagai promo menarik dari sejumlah APM ini, diharapkan penjualan mobil baru dapat kembali meningkat di akhir tahun 2024.

Selanjutnya: Pasar SUN Volatile, Ini Rekomendasi dari BNI Sekuritas untuk Senin (7/10)

Menarik Dibaca: IHSG Bergerak di Zona Merah pada Pembukaan Senin Pagi (7/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto