Menjelang putusan The Fed, harga emas terpuruk



NEW YORK. Harga emas turun untuk hari kelima setelah pemerintah Amerika Serikat (AS) melaporkan kenaikan indeks konsumen di AS kurang dari perkiraan. Akibatnya, daya tarik logam mulia ini menjadi lindung  nilai banyak diabaikan.

Harga emas berjangka pengiriman Desember turun 0,6% dan menetap di harga US$1.309,40 pada pukul 1:40 waktu Comex, New York. Kemarin, harga logam mulia merosot ke poisisi US$ 1.302,70, harga terendah sejak Agustus 8

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan, indeks harga konsumen naik 0,1% di Agustus dibandingkan Juli. Sebelumnya, survei Bloomberg memproyeksikan adanya kenaikan indeks konsumen sebesar 0,2% di Agustus.


Sementara itu, petinggi bank sentral AS alias The Federal Reserve kemarin dan hari ini melakukan pertemuan untuk membuat kebijakan soal pembatasan stimulus. Survei Bloomberg menyebutkan The Fed akan memangkas pembelian obligasi bulanan sebesar US$ 10 miliar menjadi US$ 75 miliar.

"Daya tarik emas sebagai lindung nilai dari inflasi mulai berkurang ," kata Phil Streible, broker komoditas RJ O'Brien & Associates di Chicago. Streible bilang, apapun keputusan dari The Fed hari ini sangat penting bagi harga emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri