Menko Airlangga: Ada 158 PSN Terealisasi, Terbanyak di Kementerian PUPR



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan hingga Juli 2023, pemerintah telah merealisasikan sebanyak 158 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan total investasi Rp 1,102 triliun. 

Ia mengatakan dari total PSN tersebut penugasan di Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hampir sepenuhnya rampung sebanyak 87 PSN atau 70% dari 125 penugasan yang diberikan ke Kementerian PUPR. 

"Total PSN ada 210 proyek dan juaranya Menteri PUPR ada 125 proyek yang ditangani, 12 program kawasan ekonomi, kemudian investasi dan juga terkait dengan beberapa infrastruktur," kata Menko Airlangga dalam Sewindu PSN di Jakarta, Rabu (26/7). 


Baca Juga: Pembiayaan Pembangunan Proyek Strategis Nasional di Luar Jawa Didominasi oleh APBN

Airlangga mengatakan pemerintah terus merealisasikan pembangunan PSN untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. 

Airlangga menjelaskan, salah satu program PSN adalah mendorong pembangunan kawasan industri yang saat ini sudah ada 135 kawasan di Indonesia. Ia berharap seluruh jenis industri nantinya ada di dalam negeri. 

"Dan kunci kawasan industri adalah akses kepada pelabuhan dan jalan, karena kalau ada pelabuhan tanpa jalan tetap saja biaya logistinya pasti tinggi," jelas Airlangga. 

Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan Pemerintah masih menargetkan ada 25 PSN yang akan rampung pada tahun ini. 

Sementara, di tahun 2024 diharapkan sekitar 30-32 proyek juga bisa selesai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi