Menkominfo: Jaringan Telekomunikasi di IKN Siap Untuk Upacara HUT RI ke-79



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan jaringan telkomunikasi siap jelang upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Budi mengutarakan penyediaan jaringan telekomunikasi untuk IKN telah didukung oleh Tekom Indonesia. 

Baca Juga: Menko Marves Luhut Sebut Bakal Suntik Mati PLTU Surayala, Ini Alasannya


"Dalam hal ini, Telkom sebagai pemegang hak perlintasan dan anak usahanya, Telkomsel, telah melakukan inagurasi (rehearsal) infrastruktur telekomunikasi di IKN," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/8). 

Selain itu, penyedia layanan jaringan telekomunikasi telah melakukan pengujian aspek konektivitas dengan fiber optik dan seluler maupun aspek catuan listrik. 

Selama ini, operator seluler lainnya juga telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara.

"Layanan komunikasi dari operator seluler lainnya bersifat darurat dan sementara, baik dengan mobile BTS maupun fiber optik aerial untuk melayani beberapa lokasi proyek pada masa konstruksi maupun acara tertentu, misalnya upacara HUT RI 17 Agustus," kata Menkominfo. 

Kementerian Kominfo berharap layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara nantinya dapat bermigrasi secara bertahap. 

Hal itu dapat terealisasi dengan kerjasama sharing infrastruktur yang disediakan Telkom Group dalam menyediakan layanan telekomunikasi yang berkualitas di IKN. 

Diketahui,pelaksaan uparata HUT ke-79 RI di IKN akan digelar secara terbatas. Peserta upacara tersebut diprioritaskan untuk masyarakat lokal Kalimantan Timur (Kaltim).

Nantinya upacara HUT RI di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara. Presiden terpilih Prabowo Subianto juga akan hadir di agenda tersebut.

Baca Juga: Pengamanan HUT ke-79 RI di IKN, Polri Siagakan 1.013 Personel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati