KONTAN.CO.ID - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki meyakini banyak cara untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tanah air umumnya bisa mengembangkan usahanya lebih besar. Sebut saja dengan memilih kanal penjualan offline dan online. “Omnichannel itu pilihan. Menurut saya UMKM yang menjual produknya di toko offline dan online adalah peluang untuk UMKM menjangkau pasar lebih luas,” kata Teten dalam acara Omnichannel Trends: Meeting the Modern Consumers' Preference”, di Jakarta, Selasa (24/10). Untuk mendukung pelaku UMKM yang gencar memasarkan produk secara online, Teten bilang Pemerintah pun memberi dukungan berupa program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). “Pemerintah menetapkan 40% APBN dikeluarkan untuk membeli produk lokal dalam rangka mendukung industri dalam negeri,” sebut MenkopUKM itu.
MenkopUKM: Omnichannel Pilihan UMKM Jangkau Pasar Lebih Luas
KONTAN.CO.ID - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki meyakini banyak cara untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tanah air umumnya bisa mengembangkan usahanya lebih besar. Sebut saja dengan memilih kanal penjualan offline dan online. “Omnichannel itu pilihan. Menurut saya UMKM yang menjual produknya di toko offline dan online adalah peluang untuk UMKM menjangkau pasar lebih luas,” kata Teten dalam acara Omnichannel Trends: Meeting the Modern Consumers' Preference”, di Jakarta, Selasa (24/10). Untuk mendukung pelaku UMKM yang gencar memasarkan produk secara online, Teten bilang Pemerintah pun memberi dukungan berupa program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). “Pemerintah menetapkan 40% APBN dikeluarkan untuk membeli produk lokal dalam rangka mendukung industri dalam negeri,” sebut MenkopUKM itu.