China marah besar lihat Menlu AS, Presiden Taiwan dan aktivis Hong Kong duduk bareng



KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Hubungan Amerika Serikat dan China akan semakin meregang soal campur tangan negeri Paman Sam terhadap persoalan di Hong Kong. Apalagi mengetahui adanya acara Copenhagen Democracy Forum.

Mengutip South China Morning Post, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bakalan berpidato di acara Copenhagen Democracy Forum. Dalam acara ini juga akan dihadiri musuh pemerintah Hong Kong yakni aktivis Hong Kong Joshua Wong Chi-fung. Dua orang ini saja sudah membuat China bakalan berang, apalagi ditambah kehadiran Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Taiwan berulang kali menunjukkan ketidasukaannya terhadap China.

Baca Juga: Mengharukan, ini pidato lengkap adik George Floyd di hadapan Kongres AS

China telah berulang kali menuduh AS mencampuri urusan Taiwan dan Hong Kong, dengan Tsai dan Wong sebagai aktor dalama drama selama ini.

Pompeo juga pada bagiannya di acara tersebut, akan berbicara tentang "Cina dan tantangan untuk masyarakat bebas". Media pemerintah Cina telah meluncurkan serangkaian serangan terhadap Pompeo setelah dia mulai menyalahkan China atas pandemi Covid-19.

Lembaga penyiaran negara China, CCTV, menyebutnya sebagai "musuh bersama umat manusia" setelah ia menuduh Partai Komunis Tiongkok menyalahgunakan wabah itu saat wawancara dengan Fox News.

Editor: Lamgiat Siringoringo