Menlu Sugiono dan Menlu Thailand Sepakat Tingkatkan Kerjasama Bilateral



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono dan Menteri Luar Negeri Thailand Maris Sangiampongsa bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi BRICS Plus di Kazan, Rusia, 23-24 Oktober 2024. 

Pertemuan itu salah satunya menyepakati peningkatan kerja sama regional dan global dalam berbagai forum. 

"Selain itu, sebagai negara dengan potensi dan PDB yang besar di kawasan Asia Tenggara, kedua Menlu sepakat akan meningkatkan kerja sama regional dan global termasuk melalui ASEAN, PBB, BRICS, dan forum-forum lainnya," tulis Kementerian Luar Negeri dalam keterangannya, Kamis (24/10/2024). 


Menlu RI juga menekankan pentingnya nilai strategis hubungan bilateral dengan Thailand. Termasuk, mendorong peningkatan kerja sama bilateral melalui berbagai mekanisme yang telah berjalan. 

Kedua Menlu juga bertukar pandangan mengenai BRICS sebagai forum yang membahas strategi, khususnya bagi negara-negara berkembang, untuk ikut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga: Di Akmil Magelang, Prabowo Bakal Bahas Hilirisasi dan Pencegahan Korupsi

Selain kerja sama, kedua Menlu juga membicarakan mengenai masalah Myanmar yang konfliknya menguat sejak 2021. 

Kedua Menlu pun sepakat perlunya penyelesaian segera terhadap konflik di Myanmar. 

"Menlu Sugiono menyampaikan perlunya terus mendorong upaya-upaya kolaboratif dan inklusif, serta pendekatan khusus dengan melibatkan semua pihak di Myanmar," tulis Kemenlu. 

Di lain sisi, Menlu RI juga menekankan pentingnya tetap menjaga solidaritas dan sentralitas ASEAN di tengah geopolitik yang dinamis. 

Sementara itu, Menlu Thailand menyampaikan harapannya agar Indonesia sebagai bagian dari Troika Plus dapat terus memainkan perannya 

Untuk diketahui, tahun 2025, Indonesia dan Thailand akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Thailand juga turut hadir dalam pelantikan Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto pada 20 Oktober lalu dengan diwakili oleh Deputi Perdana Menteri.

Baca Juga: Indonesia-India Sepakat Memperkuat Kerja Sama Sektor Pangan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menlu Sugiono dan Menlu Thailand Sepakat Meningkatkan Kerja Sama Bilateral", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/24/14335201/menlu-sugiono-dan-menlu-thailand-sepakat-meningkatkan-kerja-sama-bilateral.

Selanjutnya: Promo Guardian Super Hemat sampai 30 Oktober 2024, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Listerine

Menarik Dibaca: Promo Guardian Super Hemat sampai 30 Oktober 2024, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Listerine

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati