Mentan: Ketersediaan Hewan Kurban Cukup Untuk Memenuhi Kebutuhan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan kebutuhan hewan kurban untuk tahun ini tercukupi. Pihaknya mengklaim sebanyak 3,2 juta hewan kurban telah disiapkan untuk kebutuhan Idul Adha. 

"Se-Indonesia kita ini mempersiapkan kurang lebih 3,2 juta ekor sapi untuk 540 sekian kabupaten dan kota," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), Kamis (22/6). 

Dia mengatakan sejauh ini ketersediaan hewan kurban menjelang Idul Adha sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.  Kementerian Pertanian sampai saat ini masih terus memantau ketersediaan hewan kurban. 


"Laporan yang ada semua on the track, semua dalam pantauan dan proses yang cukup baik," kata Mentan. 

Baca Juga: Libur Idul Adha Jadi 3 Hari, Ini Keluhan Pengusaha

Syahrul menjelaskan, ketersediaan 3,2 juta ekor hewan kurban tersebut jika dibandingkan dengan tiga tahun terakhir maka itu sudah cukup. Bahkan, ada kelebihan dari kebutuhan masyarakat saat liburan Idul Adha. 

"Berpatokan dari tahun lalu dari 3,2 juta yang dipersiapkan yang digunakan 1,8 juta sampai 2 juta jadi kita over stock," kata Syahrul. 

Hal yang sama terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan. Ketersediaan hewan kurban mencapai 75.000 ekor. Tetapi biasanya yang menjadi kebutuhan masyarakat saat lebaran sekitar 40-50 ribu ekor hewan kurban. 

Tidak hanya memastikan ketersediaan hewan kurban secara kuantitatif, pihaknya memastikan hewan kurban yang dijual aman dari virus dan aman untuk dikonsumsi masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati