Menteri Keuangan AS mempertimbangkan mundur dari jabatan



NEW YORK. Menteri Keuangan Amerika Serikat, Timothy Geithner mengatakan pada Presiden AS, Barack Obama bahwa ia mempertimbangkan mundur dari jabatan saat ini. Keputusan datang setelah pembuat kebijakan setuju menaikkan batas pinjaman pemerintah.

Ia mempertimbangkan mengundurkan diri akhir tahun ini, namun hanya jika pemerintah telah mencapai kesepakatan dengan Kongres mengenai plafon utang negara.

Geithner telah membahas rencana kepergiannya dengan Obama dan hanya akan mundur jika Obama menyetujui rencananya. Sebelumnya Geithner ingin menuntaskan negosiasi tentang peningkatan plafon utang pemerintah.


Geithner sendiri mengatakan, dalam waktu dekat masih akan tetap di posisinya. Sebelum ditunjuk sebagai menteri Keuangan, sebelumnya pria berusia 49 tahun ini menjabat sebagai Ketua Bank Sentral New York. Pria kelahiran New York 18 Agustus 1961 tersebut mengaku telah merenungkan keputusannya mundur dari jabatan yang saat ini paling diperlukan AS dalam menghadapi krisis moneter.

Menteri Keuangan generasi ke 75 AS ini merupakan salah satu penasihat terdekat Obama. Ia memainkan peran sentral dalam semua inisiatif ekonomi yang dihasilkan oleh Gedung Putih di antaranya mengelola masalah keuangan, melewati tagihan stimulus keuangan, merombak regulasi keuangan dan yang terbaru adalah mendorong peningkatan plafon utang. Pasar memperkirakan Amerika akan sangat kesulitan mencari sosok penggantinya.

Editor: