Menteri PU pastikan sebelum Lebaran jalur Pantura tak rusak



JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto secara tegas menyebutkan permasalahan kerusakan di jalan pantura (pantai utara) Jawa akan segera teratasi. Sejauh ini Kementerian PU pun sudah melakukan tender untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak.

"Pasti sebelum Lebaran tahun ini akan segera selesai. Agar tidak mengganggu masyarakat untuk berlebaran," katanya, Rabu (19/1).

Menurut Djoko, jarak jalan yang mengalami kerusakan mencapai panjang 3 km. Jalan ini menghubungkan antara Kudus-Pati. Akibat kerusakan jalan tersebut menyebabkan kemacetan antrean panjang mencapai 2 km.


Nah untuk mengatasi persoalan itu, Kemen PU sudah mengalokasikan dana sekitar Rp 10 miliar untuk perbaikan yang sifatnya sementara. Terlepas dari itu, Djoko menargetkan di 2011 ini untuk menyelesaikan perbaikan jalan tol pada ruas jalur pantura timur sampai perbatasan Jawa Timur dengan dibuat konstruksi beton. "Untuk proses itu sudah dilakukan tender dan sudah ada penawaran," katanya.

Yang menjadi prioritas perbaikan ruas jalan yang dimaksud yakni Pati-Kudu sepanjang 7 km. Total dana yang dibutuhkan mencapai Rp 40 miliar. Pelaksanaan pekerjaan dibagi dua paket, yakni masing-masing paket 3,5 kilometer, yang memerlukan waktu 45 hari untuk menyelesaikannya. Nah rencananya Februari akan datang proses lelang untuk pekerjaan itu sudah dapat selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Djumyati P.