Menteri Sri Mulyani: BLT El Nino Cair Rp 400.000, Cek Di Cekbansos.kemensos.go.id



Bantuan BLT El Nino 2023 - JAKARTA. Bantuan langsung tunai (BLT) El Nino akan cair sekaligus untuk dua bulan pada November 2023. Dengan demikian, penerima BLT El Nino akan mendapat bantuan Rp 400.000. Penerima bansos BLT El Nino 2023 bisa cek daftar penerima di Cekbansos.kemensos.go.id.

Rencana pencairan BLT El Nino 2023 itu disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Diberitakan Kompas.com, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah memberikan BLT El Nino Rp 200.000 kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Penyaluran BLT El Nino 2023 tersebut diberikan untuk 2 bulan sekaligus yaitu selama periode November-Desember. Dengan demikian, total BLT El Nino 2023 yang akan diterima sebesar Rp 400.000. "Prosesnya bisa diakselersasi bulan November-Desember kita transfer 1 kali, sehingga langsung untuk 2 bulan sekaligus Rp 400.000 bagi 18,8 juta KPM, eksekutornya Kemensos," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers PDB Kuartal III 2023 serta Stimulus Fiskal di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/11/2023).


Sri Mulyani mengatakan, BLT El Nino 2023 tersebut diberikan lantaran daya beli masyarakat selama fenomena El Nino menurun. BLT El Nino 2023 membutuhkan biaya sebesar Rp 7,52 triliun. "BLT kepada 18,8 juta KPM itu biayanya anggarannya Rp 7,52 triliun," ujarnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan, BLT El Nino 2023 akan segera dicairkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dapat diselesaikan pada bulan ini. "Jadi penebalan ini yang tambahan kita putuskan bulan ini adalah Rp 2,7 triliun untuk Desember dan Rp 7,5 triliun untuk BLT Rp 200.000 per bulan dibayarkan sekaligus untuk 18,8 KPM. Kita akan transfer begitu DIPA selesai bulan ini," ucap dia.

Cara cek penerima BLT El Nino 2023

Berikut cara cek BLT El Nino yang mulai cair pada November 2023 dilansir dari Kompas.com:

1. Cara cek BLT El Nino 2023 via cekbansos.kemensos.go.id

Masyarakat dapat mengecek bantuan fenomena El Nino ini melalui laman resmi Kemensos dengan cara berikut:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  • Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketik empat huruf kode (tidak dipisah spasi) sesuai yang tertera dalam kotak kode.
  • Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.
  • Kemudian, klik "cari data".
Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan. Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako berstatus "Ya".

2. Cara cek BLT El Nino 2023 via aplikasi

Masyarakat juga dapat memastikan namanya tercantum sebagai penerima BLT El Nino 2023 melalui "Aplikasi Cek Bansos". Berikut cara cek BLT El Nino 2023 di Aplikasi Cek Bansos:

  • Unduh aplikasi "Aplikasi Cek Bansos" resmi buatan Kementerian Sosial Republik Indonesia.
  • Pilih "Buat Akun Baru" dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP.
  • Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP, kemudian klik "Buat Akun Baru".
  • Setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos.
  • Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.
  • Kemudian, login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.
  • Pilih menu "Cek Bansos" dan lengkapi data sesuai KTP.
  • Selanjutnya, klik "Cari Data".
  • Sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos, termasuk penerima bantuan sembako, beserta statusnya.
Itulah info bantuan BLT El Nino yang akan cair sekaligus untuk dua bulan beserta cara cek penerima melalui Cekbansos.kemensos.go.id dan Aplikasi Cek Bansos. Segera cek, apakah nama Anda tercantum sebagai penerima BLT El Nino 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto