Menurunkan Gula Darah! 5 Minuman yang Baik dan Aman Diminum Penderita Diabetes



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awas! Minuman tinggi gula bisa mempengaruhi kesehatan penderita diabetes. Ini lima jenis minuman yang aman dan bisa menurunkan gula darah tinggi. 

Kadar gula darah yang stabil bisa menurunkan risiko komplikasi penyakit untuk penderita diabetes. 

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Terbukti Bisa Mencegah Penyakit Jantung


Selain menjalankan gaya hidup sehat, penderita diabetes wajib melakukan diet sehat dan seimbang untuk menjaga gula darah tetap stabil. 

Penderita diabetes juga wajib menghindari minuman yang mengandung gula tinggi seperti sodam jus buah kemasan, limun, dan teh manis. 

Sebagai gantinya, penderita diabetes bisa minum minuman lainnya yang lebih sehat seperti: 

1. Air

Mengutip dari Eating Well, berdasarkan tinjauan sistematis 2021 dan meta analisis dalam Diabetes & Sindrom Metabolik: Penelitian & Ulasan Klinis menunjukkan bahwa minum air putih dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 6% lebih rendah. 

Air putih bisa membantu penderita diabetes untuk mengontrol berat badan sekaligus mengendalikan kadar gula darah. 

2. Kopi 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. 

Kandungan fitokimia dalam kopi bisa mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas yang melindungi dari perkembangan perlemakan hati dan mempertahankan fungsi insulin. 

3. Teh hitam 

Berdasarkan ulasan tahun 2019 menunjukkan teh hitam menurunkan risiko diabetes dan komplikasi diabetes. 

Senyawa teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. 

4. Teh hijau 

Berdasarkan meta analisis tahun 2020 dari 27 uji coba terkontrol acak yang diterbitkan dalam Nutrition & Metabolism menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau terbukti sedikit menurunkan kadar gula darah puasa. 

Kandungan katekin dalam teh memblokir beberapa penyerapan karbohidrat selama pencernaan, meningkatkan metabolisme glukosam dan mengurangi stres oksidatif yang semuanya membantu menurunkan gula darah. 

5. Jus tomat 

Dalam uji terkontrol acak kecil yang diterbitkan pada tahun 2020 di Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan minum jus tomat 30 menit sebelum sarapan kaya karbohidrat bisa menurunkan kadar gula darah setelah makan. 

Serat dalam tomat bisa membantu memperlambat pencernaan sehingga memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi setelah makan. 

Baca Juga: 12 Buah-Buahan Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati