Menyalakan profit dari usaha toko listrik



Dewasa ini kebutuhan akan peralatan listrik sangat besar. Hal itu tak lepas dari gencarnya pembangunan perumahan dan perkantoran, sehingga memicu tingginya kebutuhan produk-produk kelistrikan.

Peluang itu juga yang mendorong banyak orang untuk membuka toko listrik. Bahkan banyak juga dari mereka yang menawarkan kemitraan. Salah satunya, PT Prontera Royal Indonesia yang menawarkan waralaba Toko Listrik Duta Rezeki.

Duta Rezeki dirintis oleh Hans Tekun sejak tahun 2000. Ia menjual alat-alat elektrikal, seperti lampu,  sakelar, stop kontak, steker, sekring, dan lain- lain. Untuk mengembangkan usahanya, tahun lalu ia resmi menawarkan kemitraan.


"Saat kami belum memiliki mitra," ujar Hans. Namun, ia optimistis bisa menjaring mitra tahun ini karena kebutuhan alat-alat listrik terus meningkat. Dalam kerjasama kemitraan ini, Hans menawarkan dua paket investasi. Yaitu, paket Rp 50 juta dan Rp 100 juta.

Nah, mitra yang mengambil paket Rp 50 juta harus menyediakan toko dengan luas minimal 3 m x 3 m. Mitra paket Rp 50 juta ini akan mendapatkan etalase sesuai ukuran tempat, draf barang, spanduk, stok barang, instalasi tester, dan kebutuhan dekorasi.

Sedangkan paket Rp 100 juta wajib menyediakan luas tempat minimal 5 m x 5 m. Fasilitas yang didapat sama seperti paket pertama. Namun, jumlah pasokan barangnya lebih banyak.  Selain itu, ada juga tambahan rak dan neon box.

Omzet Rp 40 juta

Menurut hitung-hitungan Hans, mitra toko listrik Duta Rezeki bisa meraup omzet Rp 30 juta−Rp 40 juta setiap bulan. Dengan target laba bersih 15% dari omzet, mitra bisa balik modal dalam waktu 14 bulan. "Tapi ini tergantung dari lokasi dan penjualannya juga. Jika lokasinya strategis, balik modal bisa kurang dari setahun," kata Hans.

Dalam kerjasama ini, Hans tidak memungut biaya royalti. Namun, pasokan barang harus dibeli dari pusat. Selain itu, kata Hans, mitra tidak harus menggunakan nama Duta Rezeki. “Jadi mereka bisa pakai nama toko sendiri,” ujarnya.

Konsultan waralaba Khoerussalim Ikhsan menilai, peluang usaha toko listrik  masih sangat menjanjikan di tengah maraknya pembangunan rumah dan perkantoran.

Namun demikian, ada baiknya sebelum menawarkan kemitraan, Toko Listrik Duta Rezeki membuka cabang. Bila sukses, toko cabang ini bisa menjadi contoh bagi calon mitra usaha. “Jika cabangnya saja gagal, bagaimana mau mendorong mitranya berhasil,” jelas Ikhsan.

Ikhsan bilang, membuka toko listrik tidak susah karena di Jakarta sudah tersedia pusat grosir alat-alat listrik. Makanya, agar bisa menggaet mitra, pemillik waralaba (franchisor) harus membuat sistem bisnis yang unik sehingga menarik di mata calon mitra.

“Dia harus pintar membuat sesuatu yang unik yang membuatnya menarik di mata orang. Begitu caranya agar tokonya nanti bisa bersaing,” kata Ikhsan.        Toko Listrik Duta Rezeki                                                                                                                                                                                                  Jl. Raya Raden Saleh No. 68                                                                                                                                                                                        Karang Tengah, Tangerang                                                                                                                                                                                           HP: 0812-80060087

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Havid Vebri