Merpati: Keuangan Merpati sudah positif



JAKARTA. Pejabat sementara Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Rudy Setyopurnomo mengklaim telah berhasil memperbaiki kinerja keuangan Merpati. Setidaknya kinerja keuangan selama sepekan terakhir.

Rudy menyatakan, perusahaan yang merugi berturut-turut selama 5 tahun itu sudah mencatat angka positif sejak satu minggu lalu. "Dari hasil persiapan kami boleh dilaporkan operating profit sudah positif, bisa sampai satu hari Rp 500 juta. Tapi ini belum konsisten karena sistemnya belum mapan," sebut Rudy dalam paparan di Komisi XI DPR, Jakarta, Kamis (21/6/2012).

Ia menjelaskan. tahun 2011 lalu, target pendapatan perusahaan adalah Rp 3 triliun. Namun hanya terealisasi Rp 1,6 triliun. Tingkat okupansi penumpang tahun 2011 turun menjadi 74%,dari okupansi tahun 2010 sebesar 79%. "Kerugian operasi Rp 450 miliar dan total kerugian tahun 2011 Rp 750 miliar," sambung dia.


Selanjutnya, kata dia, bila diizinkan, Merpati Airlines akan melanjutkan program pemulihan. Dengan begitu, ia berharap laba operasi bisa dikunci positif sejak bulan ini sampai bulan Desember 2012.

"Kemudian perbesar profit untuk bisa bayar non operating cost. Karena selama ini non operating cost belum bisa terbayar karena kerugian masih terjadi sehingga kami coba mempertahankan operating profitnya," pungkas dia. (Ester Meryana/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri