Merpati tutup sebagian rute penerbangan



JAKARTA. Untuk melakukan penghematan, PT Merpati Nusantara Airlines pemilik maskapai Merpati akan menutup sekitar 10% sampai 20% rute penerbangannya. Rencana penutupan rute ini disampaikan oleh Rudy Setyopurnomo, Presiden Direktur Merpati di Jakarta, Senin (28/5).

Selain berhemat, penutupan rute itu dilakukan untuk mengejar target laba perusahaan sampai enam bulan ke depan. Rute penerbangan yang akan ditutup tersebut akan dipilih dari sekian banyak rute penerbangan yang merugi, alias sepi dari penumpang.

Rudy mencatat, ada 90% dari 124 rute yang diterbanginya merugi. Ini berarti hanya ada 12 rute penerbangan yang mencatat laba. “Dari 124 rute, yang rugi 112 rute. Sekarang kami restrukturisasi rute, ada yang ditutup, digabung, ditambah atau dikurangi frekuensinya,” kata Rudy.


Sayangnya, Rudy belum menyebutkan rute penerbangan mana saja yang akan ditutup dan mana saja yang akan direstrukturisasi. Namun begitu, Rudy bilang, penutupan dan restrukturisasi rute tersebut selesai bulan depan.

Rudy berharap, penutupan dan restrukturisasi rute bisa menekan angka kerugian Merpati dari Rp 350 miliar pada kuartal I tahun 2012 lalu. Tahun lalu, maskapai pelat merah ini merugi hingga Rp 750 miliar.

“Tidak benar alasan kuartal I maskapai merugi karena sepi penumpang atau low session, karena pada Januari seharusnya mampu menghasilkan pendapatan yang tinggi karena masih musim liburan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri