Mesin bor raksasa proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) pecahkan rekor MURI



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mesin bor raksasa proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) memecahkan rekor Museum Rekor- Dunia Indonesia (MURI) sebagai mesin bor terbesar pembuat terowongan di Indonesia, Selasa (15/12).

MURI menyematkan pencatatan rekor pada mesin bor yang digunakan di Tunnel #1 Proyek KCJB, sebagai mesin bor terbesar pembuat terowongan di Indonesia dengan diameter sebesar 13,2 meter.

Tunnel Boring Machine (TBM) menggali struktur terowongan yang akan menampung dua lintasan kereta cepat di dalamnya.


Baca Juga: Terowongan 1,8 km di tunnel #1 Halim sudah tembus, proyek kereta cepat sudah 74,94%

Site Manager Tunnel #1 Sinohydro, Han Jiping menyebutkan, TBM KCJB memiliki panjang 102,3 meter dan beroperasi selama 13 bulan hingga Tunnel #1 berhasil ditembus.

“Rata – rata TBM beroperasi 113 meter/bulan. Namun dalam keadaan optimal, satu bulan TBM dapat beroperasi hingga mencapai 322 meter," sebut Han Jiping dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (15/12).

Didatangkan khusus untuk menggali struktur tunnel #1 Halim, TBM pertama kali mendarat di Indonesia pada Februari 2019 serta merampungkan proses perakitan dan commissioning di bulan Maret 2019.

Kemudian, setelah mendapatkan izin beroperasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) pada bulan Oktober 2019, TBM KCJB resmi beroperasi menggali struktur tunnel melintasi bagian bawah area - area kritis seperti LRT, gerbang & jalan tol Jakarta-Cikampek, perumahan dan fasilitas sosial seperti mesjid.

Selanjutnya: Luhut sebut proyek kereta cepat Jakarta-Bandung titik modernisasi transportasi RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat