Mesin cuci AQUA Japan kejar pangsa pasar 13%



JAKARTA. PT Haier Sales Indonesia lewat brand AQUA Japan percaya mesin cuci seri Hijab dapat laku di pasaran tahun ini. Mesin cuci ini terdiri dari dua tipe yakni Twin Tub (dua tabung) dan Top Load (bukaan atas). Meiriano Ullman (Rian), Senior Manager Product Planning Department PT Haier Sales Indonesia mengatakan saat ini pangsa pasar mesin cuci perseroan mencapai 9%.

Padahal saat merek masih di bawah bendera Sanyo, pangsa pasar hanya 6%. "Tahun ini kami bidik bisa pangsa pasar 13%," kata Rian saat ditemui KONTAN, Rabu (26/7). Seperti diketahui, tahun 2012 Haier Grup mengakuisisi bisnis mesin cuci dan lemari es dan peralatan rumah tangga Sanyo di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Vietnam. Alhasil nama brand pun berubah. Menurut Rian, produk hijab series ini memang punya target pemasaran ke arah segmen wanita. Menurut riset Aqua Japan, faktor ibu punya andil dalam penentuan pembelian produk seperti mesin cuci. Selain itu penetrasi pasar akan dikuatkan. Rian menjelaskan akaan ada perluasan pasar ke Indonesia timur khususnya di daerah Sulawesi. "Kami akan coba gaet mitra lokal di daerah," kata Rian. Sebagai informasi, AQUA Japan memiliki jaringan distribusi yakni 18 kantor cabang, dan 158 kantor pelayanan servis resmi. Distribusi AQUA Japan telah didukung dengan adanya lebih dari 3.000 outlet penjualan. Dari segi harga jual, AQUA Japan akan menyasar semua segmen harga. Mulai dari harga rendah sampai tertinggi. "Sedangkan untuk model kami lihat twin tube masih lebih ramai, disusul single tube dan terakhir top load," kata Rian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Dessy Rosalina