Meski kecil, pasar SUV premium tetap tumbuh



JAKARTA. Meski pasar mobil sport utility vehicle (SUV) premium tidak sebesar SUV kelas bawah atau medium, adanya pasar menengah atas di Indonesia membuat pabrikan otomotif tetap tancap gas menjual produk SUV ini.

Lihat saja PT Mazda Motor Indonesia yang baru saja melansir Mazda CX 9 tergres. Demi memikat konsumen, tunggangan berdapur pacu 3.700 cc ini dibanderol dengan harga lebih murah Rp 8 juta ketimbang model CX 9 lawas, yakni sekitar Rp 799,7 juta dalam kondisi siap jalan (on the road). "Penurunan harga ini memang menjadi strategi penjualan kami supaya lebih laris," kata Astrid Ariani, Manajer Pemasaran PT Mazda Motor Indonesia kepada KONTAN kemarin.

Padahal, mobil yang diimpor langsung dari Jepang ini sudah mengalami perubahan radikal (major change). Seperti bentuk lampu depan, gril dan lekuk bodi samping yang  lebih aerodinamis.


Astrid optimistis, CX 9 ini bisa terjual sekitar 15 unit per bulan atau ditargetkan terjual 180 unit sampai akhir tahun ini. Tahun lalu, penjualan grosir (whole sales) CX 9 sebanyak 148 unit, turun 42,4% dibandingkan penjualan di 2011 yang sebanyak 257 unit.

Adapun PT  BMW Indonesia juga optimistis terhadap pertumbuhan penjualan produk SUV premium mereka, seperti BMW X3 yang secara harga ada yang tidak berbeda jauh dengan Mazda X9. Misalnya untuk produk BMW X3 xDrive 20d dibanderol Rp 818 juta.

Menurut Helena Abidin, Head of Corporate Communication PT BMW Indonesia penjualan grosir BMX X3 tahun lalu sebanyak 182 unit  atau naik 65,6% dari penjualan grosir 2011 yang cuma 110 unit. Alhasil, X3 berkontribusi sebesar 8,2% dari total penjualan BMW tahun lalu yang sebanyak 2.188 unit.

Sayang, Helena tidak bisa memberi kepastian target penjualan X3 tahun ini. Yang pasti, BMW Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan minimal 20% tahun ini.  "Kami yakin target tersebut bisa tercapai," ucapnya.

PT Nissan Motor Indonesia  juga tak ketinggalan bermain di segmen ini dengan produk Nissan Murano yang meluncur sejak Oktober 2011. Menurut Teddy Irawan, Deputi Direktur Nasional Penjualan dan Promosi PT Nissan Motor Indonesia, hingga akhir 2012,  Nissan Murano sudah terjual sebanyak 77 unit. "Meski pasar mobil ini kecil, kami ingin bermain di segmen ini," katanya.

Mobil berdapur pacu 3.500 cc ini juga diimpor langsung dari Jepang dan dibanderol dengan harga Rp 755 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon