Meski Pendapatan Tumbuh, Cermati Catatan Analis untuk Saham Garuda Indonesia (GIAA)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan, tapi rugi bersih emiten maskapai penerbangan ini masih membengkak. Pergerakan saham GIAA pun juga tidak likuid mencerminkan kinerjanya. 

Melansir laporan keuangan, GIAA membukukan pendapatan usaha sebesar US$ 1,62 miliar per Juni 2024. Ini tumbuh 18,27% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari US$ 1,37 miliar. 

Adapun pendapatan dari penerbangan berjadwal mencapai US$ 1,27 miliar. Kemudian penerbangan tidak berjadwal dan lainnya masing-masing berkontribusi US$ 177,96 juta dan US$ 167,57 juta.


Baca Juga: Garuda Indonesia Catatkan Pendapatan Naik 18,27% pada Semester 1 2024

Dari sisi bottom line, rugi yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai US$ 101,65 juta per Juni 2024. Ini meningkat 32,88% secara tahunan dari US$ 76,50 juta per Juni 2023. 

Senior Maket Chartist Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta mengatakan raihan kinerja GIAA sejatinya sudah tercermin dari pergerakan harga saham maskapai pelat merah ini. 

 
GIAA Chart by TradingView

"Meningkatnya rugi bersih yang dialami GIAA sudah tercermin daripada perdagangan sahamnya yang relatif kurang begitu likuid," kata dia saat dihubungi Kontan, Selasa (1/10). 

Nafan menjelaskan pergerakan harga saham Garuda Indonesia tidak likuid dan secara teknikal random tren pada GIAA mulai terjadi. Untuk itu, dia tidak memberikan rekomendasi apapun ke GIAA. 

Hingga akhir perdagangan Selasa (1/10), saham GIAA ditutup melemah 4,29% ke level 67. 

Selanjutnya: Cristiano Ronaldo: Rekor Individu Tak Penting Lagi

Menarik Dibaca: MIND ID Komitmen Hilirisasi yang Berkelanjutan, Simak Caranya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih