Meteor, Asteroid, dan Komet, Mana yang Paling Besar? Yuk Cari Tahu



KONTAN.CO.ID -Jakarta. Meteor, asteroid, dan komet, dari benda langit tersebut mana yang paling besar? Yuk cari tahu selengkapnya di sini, tambah pengetahuan dan fakta menarik tentang benda langit tersebut.

Benda langit ada beragam yang ada di alam semesta ini. Mulai dari matahari, planet, bintang hingga beberapa benda langit yang ketika mendekati Bumi terkadang menjadi pemandangan menarik atau bahkan berpotensi berbahaya.

Contohnya seperti meteor, asteroid dan kometyang penampakannya kerap kali menjadi perhatian saat mendekati Bumi. Termasuk hujan meteor Bootid yang baru-baru (27/06/2022) ini menghiasi langit malam, apakah Anda melewatkan fenomena menarik tersebut?

Berkaitan dengan ketiga benda langit tersebut, menurut Anda mana yang ukurannya paling besar? Mari kita bahas tentang ukuran dari komet, asteroid dan meteor.

1. Meteor (Dari Microns hingga 1 meter)

Jika berbicara tentang meteor, tentu saja tidak melupakan meteoroid dan meteorit.

Dalam prosesnya, meteor merupakan penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer Bumi. Fenomena ini juga dikenal dengan sebutan bintang jatuh.

Tidak jarang, fenomena meteor yang terlihat dari Bumi juga disebut dengan hujan meteor. Fenomena astronoi ini terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam.

Menurut American Meteor Society, meteoroid berukuran mulai dari microns sampai 1 meter. 

Penampakan meteor ini bisa sangat terang, bahkan lebih terang dari penampakan planet Mars jika dilihat di atas langit. Apabila meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya melewati atmosfer dan mencapai permukaan Bumi, sisa-sisanya disebut sebagai meteorit.

Meteoroid sejatinya adalah asteroid yang ukurannya jauh lebih kecil.

Baca Juga: Fenomena Bulan Baru Stroberi Mikro Terjadi Akhir Bulan Juni 2022 Ini, Apa Dampaknya?