KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelanggan kWh meter prabayar mungkin pernah menemukan tulisan "periksa" di layar meteran listrik. Meteran listrik ada tulisan "periksa" itu bisa disebabkan karena berbagai faktor sehingga kWh meter prabayar harus diperiksa. Jika dibiarkan, tulisan "periksa" pada meteran listrik bisa menyebabkan kWh meter prabayar padam atau tetap menyala tapi tidak bisa dimasukkan nomor token.
3 penyebab meteran listrik ada tulisan "periksa"
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto, menjelaskan tulisan "periksa" yang muncul di kWh meteran pelanggan menunjukkan adanya gangguan pada instalasi listrik. "Tulisan Periksa yang muncul pada kWh meter pelanggan menginformasikan adanya indikasi gangguan pada instalasi listrik di dalam rumah pelanggan," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/4/2025). Baca Juga: PLN Gantikan PGN Garap Proyek Pipa Gas West Natuna Mulai Mei 2025 Gregorius menyampaikan, kondisi tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, salah satunya kebocoran arus listrik. Kemunculan tulisan "periksa" pada kWh meteran listrik juga bisa disebabkan karena fasa tukar, yaitu kabel listrik yang dapat menghantarkan aliran listrik. Penyebab terakhir adalah pemasangan instalasi arde atau jalur pentanahan/grounding yang tidak sesuai. "(Hal tersebut) mengakibatkan pelanggan tidak bisa memasukkan token listrik," terang Gregorius.Cara mengatasi meteran listrik ada tulisan "periksa"
Bagi pelanggan kWh meteran prabayar yang menemukan tulisan "periksa" pada meteran listriknya, diimbau untuk tidak khawatir. Pasalnya, petugas PLN akan memeriksa dan memastikan kWh meter terpasang dengan benar dan tegangan sumber listrik dalam keadaan normal. Namun, pelanggan perlu melaporkan kejadian tersebut agar mendapat layanan pemeriksaan dari petugas PLN. Baca Juga: Kontrak Gas dari Natuna Dialihkan kepada PLN, Begini Tanggapan PGN "Jika hal tersebut terjadi pada meteran di rumah Anda, maka dapat melaporkan kendala tersebut ke PLN melalui aplikasi PLN Mobile," kata Gregorius. Berikut ini cara melaporkan meteran listrik ada tulisan "periksa" melalui PLN mobile:- Buka aplikasi PLN Mobile.
- Kemudian klik menu "Pengaduan" di halaman depan aplikasi
- Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan, dalam hal ini pilih "kWh Meter saya Menunjukkan Periksa"
- Kemudian klik "Ajukan Pengaduan" dan klik "Mengerti"
- Di kolom yang disediakan, masukkan atau pilih ID pelanggan yang bermasalah.
- Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol "Lanjutkan"
- Pastikan "Nomor Handphone" sudah sesuai
- Selanjutnya, isi "Deskripsi singkat pengaduan" dan lampirkan foto kendala (bila ada
- Bila sudah, pilih "Lanjutkan"
- Ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk di PLN Mobile
- Masukkan kode tersebut ke kWh Meter sehingga tulisan Periksa hilang dan fungsi kWh Meter kembali normal.