Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina Ditetapkan sebagai Wavemaker dari NielsenIQ



KONTAN.CO.ID - Jakarta, 18 Desember 2025 Di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi dan melemahnya kepercayaan konsumen, inovasi menjadi kunci utama bagi brand untuk tetap relevan dan bertumbuh. Menjawab tantangan tersebut, Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina dinobatkan sebagai Wavemaker pada 2025 NielsenIQ Indonesia Breakthrough Innovation Awards.

Predikat Wavemaker diberikan kepada produk inovatif yang telah beredar di pasar minimal enam bulan serta menunjukkan kinerja penjualan dan kecepatan penyerapan penjualan yang lebih kuat dibanding rata-rata produk baru di kategorinya.

Inovasi di Tengah Ketidakpastian


Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,04% pada kuartal III 2025, terendah dalam empat kuartal terakhir. Di saat yang sama, indeks kepercayaan konsumen turun ke level 115,0 pada September 2025, terendah sejak April 2022. Kondisi ini mencerminkan konsumen yang semakin berhati-hati, selektif, dan menuntut nilai nyata dari setiap pengeluaran. Dalam situasi tersebut, NielsenIQ menegaskan bahwa inovasi yang relevan, bernilai, dan mudah diakses menjadi satu-satunya cara bagi brand untuk memenangkan persaingan.

Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina dinilai berhasil memenuhi empat pilar kebutuhan masyarakat, yaitu:

  1. Solve a Problem: menjawab kebutuhan konsumen akan makanan praktis dengan rasa yang lebih “naik kelas”.
  2. Value Proposition: menawarkan pengalaman rasa premium dengan harga yang tetap terjangkau.
  3. Superior Product Experience: menghadirkan tekstur, rasa, dan topping yang berbeda dari mie goreng instan biasa.
  4. Accessibility: mudah ditemukan, mudah dimasak, dan relevan untuk dikonsumsi berulang.  

Kolaborasi Pertama dengan Chef Profesional Indonesia

Keunikan utama produk ini terletak pada kolaborasi langsung dengan Chef Devina Hermawan, menjadikannya mie goreng instan “ala chef” pertama di Indonesia. Kolaborasi ini merupakan integrasi keahlian kuliner profesional ke dalam produk sehari-hari. Chef Devina terlibat dalam pengembangan profil rasa dan bumbu, memastikan produk tetap penuh cita rasa, autentik, dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Dari sisi produk, Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina menawarkan pengalaman yang berbeda melalui tekstur mie pipih yang lebih tebal dan kenyal, memberikan sensasi makan yang lebih memuaskan; juga Topping spesial seperti kremesan kriuk, sayuran kering, dan sambal merah khas, yang menciptakan lapisan rasa dan tekstur yang lebih “rich”. Kombinasi ini menghadirkan sensasi “full of taste” yang jarang ditemui pada mie goreng instan konvensional. Mie Sedaap Goreng ala Chef Devina memungkinkan konsumen menikmati hidangan dengan sentuhan chef profesional tanpa harus keluar rumah dan merogoh kantong lebih dalam. Konsep ini menjadikan Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina pilihan yang relevan sebagai makanan yang terasa spesial, terutama di tengah kondisi ekonomi yang menuntut konsumen untuk lebih bijak dalam berbelanja.

Kontan - Wings Group
© Foto oleh Wings Group

Mendorong Kreativitas dan User Generated Content

Mie Sedaap juga berhasil membangun keterlibatan emosional dengan konsumen melalui inspirasi kreasi makanan. Melalui aktivasi digital, konsumen didorong untuk mengekspresikan kreativitas mereka, yang diperkuat melalui kampanye digital seperti #PlatingSedaapAlaChef. Semakin relate dengan Gen-Z yang banyak memanfaatkan AI, Mie Sedaap berkolaborasi dengan Gemini AI dari Google Indonesia dan beberapa chef ternama untuk membuat kreasi menu topping Mie Sedaap Goreng ala Chef Devina. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan engagement, tetapi juga memperkuat hubungan antara brand dan konsumen.

Kontan - Wings Group
© Foto oleh Wings Group
Kontan - Wings Group
© Foto oleh Wings Group
Dengan ditetapkannya Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina sebagai Wavemaker dari 2025 NielsenIQ Indonesia Breakthrough Innovation Awards Mie Sedaap kembali menegaskan komitmennya untuk menghadirkan inovasi yang relevan dan membawa added value bagi konsumen Indonesia. Di tengah tantangan ekonomi dan perubahan perilaku belanja, produk ini membuktikan bahwa keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh kecepatan meluncurkan produk baru, tetapi oleh kemampuan memahami kebutuhan konsumen dan menerjemahkannya menjadi pengalaman yang bernilai. Ke depan, Mie Sedaap terus berupaya mendorong inovasi yang autentik, trend-spotter, kreatif sesuai dengan DNA Mie Sedaap. Simak selalu keseruan Mie Sedaap di Instagram @miesedaapid ; dan TikTok @miesedaapofficial !

Selanjutnya: Finex Menandai Ulang Tahunnya yang ke-13 dengan Gala Dinner

Menarik Dibaca: Kenaikan Suku Bunga BoJ Guncang Pasar Kripto, Begini Saran bagi Investor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TAG: