Miliuner Inggris itu masih bisa urus Bumi Plc



JAKARTA. Pendiri Vallar Plc. (kini Bumi Plc.) Nathaniel Rothschild masih diberi kesempatan masuk jajaran manajemen Bumi Plc. Chairman Bumi Plc, Indra Bakrie, menilai kesempatan itu akan diberikan ke Nat, panggilan Nathaniel, asalkan tak mengulangi kesalahan yang sama. Pada November 2011, Nat beberapa kali memprotes dan membocorkan rahasia perusahaan ke publik.

“Kami memerlukan manajemen yang solid. Agar solid, segala pembicaraan baik yang rahasia maupun tidak dalam board, tidak keluar,” ungkap Indra, Jumat (10/2).

Apabila ada perbedaan antara Grup Bakrie dan Nat di jajaran kepengurusan (board) Bumi Plc., kata Indra, seyogianya bukan menjadi konsumsi publik. “Jika berjanji tidak akan begitu lagi, dia masih punya kesempatan kembali ke board,” kata Indra.


PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk (BORN) dan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) telah mengajukan usulan susunan baru kepengurusan Bumi Plc. ke manajemen Bumi Plc. Surat itu dikirim pada 2 Februari 2012.

Dalam usulan itu, BORN dan BNBR sepakat mengajukan Samin Tan sebagai Chairman Bumi Plc. menggantikan Indra Bakrie. Samin adalah pemilik BORN yang membeli 23,8% saham Bumi Plc. dari BNBR. Setelah transaksi itu, kepemilikan BNBR di Bumi Plc. tersisa 23,8%, dari sebelumnya 46,7%.

Kemudian, Indra Bakrie diusulkan sebagai Co-Chairman Bumi Plc. Posisi ini semula diduduki Nat. Dalam usulan itu, Nat tak masuk ke jajaran chairman maupun direksi Bumi Plc. Komposisi direksi Bumi Plc juga berubah.

Usulan tersebut akan ditindaklanjuti dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bumi Plc, pada Mei nanti. RUPSLB tersebut akan memutuskan siapa saja yang berhak duduk di kursi chairman dan direksi Bumi Plc.

“Sejak surat dikirimkan hingga nanti RUPSLB dilaksanakan, bisa saja terjadi perubahan agenda,” ucap Nirwan Bakrie, petinggi kelompok usaha Bakrie.

Dalam kurun waktu itu, manajemen BORN dan BNBR akan berbicara dengan Independent Director Bumi Plc. Pendapat dari Independent Director akan menjadi masukan untuk menentukan keputusan. Independent Director Bumi Plc. akan datang ke Jakarta pada 13 Februari nanti. Di Bumi Plc., ada tujuh orang yang menduduki posisi pejabat independen.

Sejatinya Bumi Plc. setiap tahun punya agenda memilih susunan direksi dan chairman baru. Susunan itu ditentukan pada RUPS Tahunan setiap Juni. Pada proses itu jajaran direksi dan chairman akan dipilih ulang.

Selain pendapat Independent Director, Nirwan bilang reaksi pasar juga akan menjadi pertimbangan dalam menentukan keputusan. Usulan perubahan susunan direksi dan chairman disambut negatif oleh pasar. Saham Bumi Plc. sempat menyentuh titik terendah dalam empat bulan terakhir. Harga Bumi Plc. di Bursa London kemarin £ 7,54 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri