Mimpi Piala Dunia 2026, Erick Thohir Bertemu Menkumham Bahas Naturalisasi Pemain



KONTAN.CO.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengadakan pertemuan dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas, di kantor Kemenkumham, Jakarta, pada Kamis (19/9).

Pertemuan ini membahas dukungan pemerintah, khususnya melalui Kemenkumham, dalam upaya memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

Dukungan Kemenkumham dalam Proses Naturalisasi

Menteri Supratman Andi Agtas menegaskan komitmen Kemenkumham untuk mendukung upaya PSSI, terutama dalam hal naturalisasi pemain. Menurutnya, langkah ini diharapkan memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian Timnas Indonesia di ajang internasional.


“Mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM, terutama terkait dengan naturalisasi ini, akan bisa memberikan kontribusi nyata dalam upaya meloloskan timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026,” ujar Supratman.

Baca Juga: ​Ranking FIFA Resmi, Cek Posisi Indonesia Setelah Update Terbaru

Ia juga berharap bahwa dukungan tersebut dapat mengangkat nama baik Indonesia, khususnya di bidang sepak bola, di panggung internasional.

Program Naturalisasi sebagai Bagian dari Peningkatan Prestasi

Erick Thohir dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa program naturalisasi bukan hanya strategi jangka pendek, melainkan upaya jangka panjang untuk memperbaiki prestasi sepak bola Indonesia.

Menurutnya, naturalisasi pemain adalah cara yang terhormat untuk memperkuat skuad Timnas. Ia juga menekankan bahwa banyak negara lain seperti Belanda, Spanyol, dan Prancis yang juga melakukan naturalisasi sebagai bagian dari pengembangan tim nasional mereka.

"Aturan FIFA menjelaskan, setiap negara boleh menaturalisasi semua pemain. Semua terbuka. Saya dan pak menteri fokusnya sama talenta terbaik, pilihannya adalah pemain yang punya darah Indonesia," jelas Erick Thohir.

Baca Juga: Harry Kane Ciptakan Rekor Baru dalam Kemenangan Bayern Munich di Liga Champions

Erick menekankan bahwa PSSI tetap menjaga keseimbangan antara naturalisasi dan pembinaan pemain muda. Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memajukan sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Pada Selasa (17/9), PSSI bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo serta Menkumham mengadakan rapat dengan Komisi III dan Komisi X DPR RI untuk membahas proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Dalam rapat tersebut, Komisi III dan Komisi X sepakat agar kedua pemain tersebut menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keputusan ini akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI yang digelar hari ini untuk disahkan secara resmi.

Selanjutnya: Harga Minyak Naik Sepekan Terakhir, Cermati Prospeknya ke Depan

Menarik Dibaca: Tingkatkan Gizi Anak, Alfamidi Bantu Entaskan Stunting Ratusan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .