MIND-ID Jalin Kerjasama dengan PB PASI Dukung Pengembangan Atletik Nasional



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. MIND ID, holding BUMN industri pertambangan Indonesia, berkomitmen mendukung perkembangan olahraga nasional, terutama cabang atletik, melalui kerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). 

Dalam lima tahun terakhir, MIND ID memberikan dukungan signifikan untuk pembinaan atlet nasional dengan tujuan mencetak prestasi di tingkat internasional.

Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf, menjelaskan bahwa dukungan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendorong generasi muda Indonesia mencapai prestasi global. 


Baca Juga: Dorong Hilirisasi, Grup MIND ID Sudah Gelontorkan Investasi Sebesar Rp 90,6 Triliun

“Kami percaya bahwa olahraga, khususnya atletik, tidak hanya membentuk fisik yang sehat, tetapi juga mengembangkan karakter disiplin, tangguh, dan kompetitif. Kami berharap dukungan kami kepada PB PASI bisa terus mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional,” ungkapnya dalam siaran pers, Minggu (29/9).

Kontribusi MIND ID dalam mendukung PB PASI telah berbuah hasil, terbukti dari keberhasilan para atlet binaannya di ajang internasional. Salah satu contoh adalah Lalu Muhammad Zohri, sprinter yang meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Atletik U20 di Finlandia tahun 2018. Zohri juga menjadi wakil Indonesia dalam nomor lari 100 meter pada Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Paris 2024.

Selain Zohri, prestasi atlet lain seperti Emilia Nova, spesialis lari gawang, yang meraih medali perak pada Asian Games 2018 dan emas di SEA Games, serta Sapwaturrahman, atlet lompat jauh yang memenangkan medali perunggu di Asian Games 2018 dan emas di SEA Games 2023, turut menunjukkan keberhasilan pembinaan PB PASI dengan dukungan MIND ID.

Baca Juga: Kinerja Aset Antam (ANTM) Tumbuh Pesat dalam Empat Tahun Terakhir

Pada tahun 2023, MIND ID mengadakan program pembinaan intensif bagi 50 atlet muda dan 20 pelatih dengan bimbingan dari para pelatih nasional berpengalaman. Program ini tidak hanya menekankan pada peningkatan keterampilan fisik, tetapi juga pengembangan karakter dan soft skills. Selain itu, MIND ID juga mendukung pengembangan fasilitas dan infrastruktur olahraga untuk menunjang latihan para atlet.

Dalam beberapa tahun terakhir, MIND ID dan PB PASI telah mencatat berbagai prestasi internasional, seperti di SEA Games Kamboja 2023, Asian Indoor Athletics Championship di Kazakhstan, dan Busan International Pole Vault Meeting 2023. Para atlet PB PASI juga diandalkan Indonesia dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

MIND ID menilai olahraga sebagai pilar penting dalam membentuk sumber daya manusia unggul, sejalan dengan visi membangun Generasi Emas 2045. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung atletik, karena kami percaya bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di tingkat dunia,” tutup Heri Yusuf.

Baca Juga: Kinerja Aset Antam (ANTM) Tumbuh Pesat dalam Empat Tahun Terakhir

Kolaborasi MIND ID dan PB PASI ini diharapkan dapat terus memacu prestasi olahraga nasional dan berkontribusi pada pembangunan generasi muda Indonesia yang berdaya saing global.

Selanjutnya: Siap - Siap Bonus Akhir Tahun, Simak Cara Alokasikan Budget ala Astra Life

Menarik Dibaca: Kumpulan Ucapan Hari Jantung Sedunia 2024 untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli